Google Docs (2)

Menampilkan Dokumen PDF Di Blog

Cara Menampilkan Dokumen PDF Menggunakan Google Docs

Ada beberapa cara menampilkan dokumen PDF di halaman blog atau web, bisa menggunakan plugin WordPress atau pemrograman PHP, tapi bisa juga menggunakan fitur Google Docs. Jika file PDF sudah di Google Drive maka lakukan cara seperti yang ada di link https://wp.me/P6U15y-5r, jika file belum tersimpan di Google Drive lakukan langkah berikut:

  1. Akses ke https://docs.google.com
  2. Isilah akun Google dengan memasukkan alamat email dan passwordnya
  3. Jika akun Google yang dimasukkan benar maka akan masuk ke halaman Google Docs. Di situ terdapat semua dokumen yang sudah diupload.
  4. Jika file-nya belum ada, maka pilihlah menu “Open file picker” pada pojok kanan atas (amplop putih), sehingga muncul kotak dialog “Open a file“. Di situ ada menu My Drive untuk memilih file yang sudah tersimpan di Google Drive, ada menu lain-lainnya, juga ada menu Upload untuk meng-upload file baru. Silahkan klik menu Upload, lalu ikuti prosedurnya untuk memilih file PDF di laptop dan meng-upload-nya.
  5. Tunggu beberapa saat sampai benar-benar file PDF ter-upload dan terbuka 100%.
  6. Setelah file PDF terbuka, maka lihatlah menu di bagian atas dokumen seperti berikut:
    embed

    Ada menu Open with, Print, Download, Share, dan More actions. Klik-lah menu More actions maka akan muncul beberapa menu pilihan, diantaranya menu Embed item… Klik-lah menu Embed item… sehingga muncul kotak Embed item. Blok dan Copy-lah teks yang ada diantara <iframe ….> </iframe>. 

    embed-tem

  7. Masuklah ke Dashboard WordPress, pilih Posts atau Pages > Add New, lakukan Paste (tempel) pada halaman yang baru dibuat. Lakukan perubahan format iframe dengan mengubah value dari  width, height dan menambahkan frameborder dan scrolling. Sebaiknya harga width menggunakan persentase (%)  supaya lebarnya dapat menyesuaikan lebar halaman secara otomatis. harga height disesuaikan dengan keperluan, jika perlu scrolling maka isi scrolling dengan auto atau yes (scrolling=”auto”), jika tidak isi scrolling dengan no (scrolling =”no”). Jika menginginkan batas frame maka isi frameborder=”1″ atau kalau tidak, isi frameborder=”0″.
  8. Setelah selesai, update dan lihat hasilnya.

Contoh link tampilan PDF di Google Docs dapat dilihat di https://goo.gl/ybtzCG.

Cara Menampilkan Dokumen PDF Menggunakan Plugin PDF Embedder

Cara ini termasuk mudah karena tinggal meng-insert file PDF ke halaman atau posting editor. Langkahnya sebagai berikut:

1. Klik menu Plugins > Add New

2. Ketik di Search Plugin: PDF Embedder, terus Enter, sehingga muncul plugins PDF Embedder by Dan Lester

3. Klik menu Install, tunggu beberapa saat, lalu klik Activate

4. Jika mau mengatur, klik menu Settings > PDF Embedder, dan atur sesuai keperluan dan simpan

5. Untuk menggunakanya bukalah Posts atau Pages, lalau Add New,

6. Untuk memasukkan file PDF, pilih button Add Media > Upload Files, jika akan mengupload file PDF baru atau Media Library jika file PDF sudah tersimpan.

7. Jika upload file PDF sudah selesai, jangan lupa memilih file-nya lalu pada bagian Attachment Display Settings, pilih Link To: Attachment Page, untuk menempelkan file PDF pada halaman.

8. Klik button Insert into page, sehingga akan masuk ke halaman.

9. Hasilnya dapat dilihat seperti pada link berikut: https://blogchem.com/materi/html-and-javascript/ atau link ini https://blogchem.com/materi/embed-pdf/