Google Docs (1)

Cara menampilkan dokumen Docs tersimpan ke halaman website menggunakan Google Docs.

  1. Akses ke https://docs.google.com
  2. Isilah akun Google dengan memasukkan alamat email dan passwordnya
  3. Jika akun Google yang dimasukkan benar maka akan masuk ke halaman Google Docs. Di situ terdapat semua dokumen yang sudah diupload
  4. Jika file yang akan ditampilkan sudah ada di halaman Google docs maka pilihlah dengan klik pada file itu, sehingga akan terbuka sebagai file yang dapat diedit.
  5. Jika file-nya belum ada, maka pilihlah menu “Open file picker” pada pojok kanan atas (amplop putih), sehingga muncul kotak dialog “Open a file“. Di situ ada menu My Drive untuk memilih file yang sudah tersimpan di Google Drive, ada menu Upload untuk meng-upload file baru. Silahkan klik menu Upload, lalu ikuti prosedurnya untuk memilih file dan meng-upload-nya.
  6. Jika ingin mengedit silahkan diedit langsung di halaman itu, secara otomatis akan tersimpan secara periodik setiap ada perubahan atau editan, jika ingin langsung menampilkan ke website maka pilih menuFile > Publish to the web, sehingga muncul tampilan berikut:
    publish

    * Jika hanya ingin mendapatkan link ke file pilih Link (1),
    * jika akan menampilkannya ke website maka pilih Embed (2), lalu klik Publish (3), sehingga muncul alamat embed (4).

  7. Blok dan Copy-lah tulisan yang ada di dalam <iframe …..> </frame>
  8. Masuklah ke Dashboard WordPress, pilih Pages > Add New, lakukan Paste (tempel) pada halaman yang baru dibuat. Lakukan perubahan format iframe dengan menambahkan width, height, frameborder dan scrolling seperti berikut:
  9.  

  10. Atur Parent, Order, lalu klik Update
  11.  Lihat hasilnya