Skip to main content

ChatGPT Dilarang Di Sekolah NYC Karena Masalah Dampak Pembelajaran

ChatGPT Bot OpenAI, Semuanya Berbahayakah?

===
1) Silahkan bergabung ke grup WhatsApp ChatGPT Bot OPenAI: https://chat.whatsapp.com/J7LESSH3rp3EL5duKBKKvD
3) Tutorial integrasi: https://s.id/chatgpt-openai
===

Departemen Pendidikan NYC telah melarang penggunaan ChatGPT oleh siswa dan guru di sekolah-sekolah di Kota New York karena ada kekhawatiran serius tentang penggunaannya yang menghambat pembelajaran dan menyebabkan kesalahan informasi.

Larangan tersebut pertama kali dilaporkan oleh  Chalkbeat , yang mengonfirmasi bahwa Departemen Pendidikan Kota New York memberlakukannya. Organisasi tersebut mengelola distrik sekolah terbesar di AS, jadi yang lain mungkin akan mengikuti dengan keputusan serupa.

ChatGPT adalah chatbot generasi berikutnya yang dioptimalkan untuk interaksi pengguna dalam format dialog, dirilis oleh OpenAI pada November 2022. Chatbot ini sangat mengganggu untuk beberapa disiplin ilmu, termasuk pemrograman dan penulisan esai .

Bidang lain yang diharapkan akan direvolusi oleh chatbot berbasis AI seperti ChatGPT adalah pencarian internet, karena alat tersebut dapat memberikan jawaban yang lebih kaya untuk istilah pencarian dan memungkinkan pengguna menemukan apa yang mereka cari menggunakan bahasa alami.

Microsoft dilaporkan berencana untuk  mengintegrasikan ChatGPT ke dalam Bing  untuk memberikan keunggulan pada mesin pencarinya dibandingkan pesaing seperti Google Search.
Departemen Pendidikan NYC mengkhawatirkan informasi yang mungkin disampaikan ChatGPT kepada siswa, khususnya keamanan dan keakuratan jawabannya. Selain itu, organisasi khawatir siswa muda akan menjadi puas diri dan tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengevaluasi informasi.

Jenna Lyle, Wakil Sekretaris Pers di Departemen Pendidikan NYC, mengatakan kepada BleepingComputer:

Karena kekhawatiran tentang dampak negatif pada pembelajaran siswa dan kekhawatiran tentang keamanan dan keakuratan konten, akses ke ChatGPT dibatasi pada jaringan dan perangkat Sekolah Umum Kota New York.

Meskipun alat tersebut mungkin dapat memberikan jawaban yang cepat dan mudah atas pertanyaan, alat ini tidak membangun keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, yang penting untuk kesuksesan akademis dan seumur hidup.

Larangan tersebut berlaku untuk perangkat sekolah dan jaringan internet, sehingga siswa dan guru yang masih ingin menggunakan ChatGPT meskipun ada instruksi Departemen Pendidikan NYC masih dapat melakukannya melalui perangkat pribadi dan jaringan seluler.

Jalan pintas yang relatif mudah membuat kasus yang kuat bagi mereka yang mengkritik tindakan tersebut sebagai kontraproduktif, menyerukan kepada organisasi terkait untuk merangkul teknologi baru dan membantu siswa mengeksplorasi dan belajar bagaimana menggunakannya untuk keuntungan mereka.

Eksperimen  baru-baru ini  oleh profesor Scott Graham di University of Texas membuktikan bahwa tulisan AI dapat memainkan peran pedagogis yang bermanfaat, membantu siswa menyusun kesadaran genre, revisi konten, dan keterampilan gaya menulis.

Namun, kekhawatiran Departemen Pendidikan NYC tentang keakuratan informasi yang diberikan oleh ChatGPT adalah valid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *