Hubungkan MySQL ke Google Sheets: Metode Mudah

Salah satu Sistem Manajemen Basis Data yang banyak digunakan oleh bisnis secara global adalah MySQL. Ini menawarkan solusi basis data relasional yang dapat diskalakan, andal, dan kuat. Alat lain yang dapat digunakan gratis adalah lembar Google yang memungkinkan Anda menyimpan data dalam format tabel & menghasilkan laporan & dasbor yang menakjubkan.

Integrasi membantu kami bekerja dengan mulus di berbagai aplikasi. Anda mungkin pernah mendengar menggunakan excel dengan banyak aplikasi. Tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menghubungkan MySQL ke Google Sheets ? Semuanya gratis!

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari cara menghubungkan MySQL ke Google Sheets menggunakan 2 metode berbeda.

Apa itu MySQL?

MySQL adalah database sumber terbuka gratis yang menghubungkan database ke aplikasi untuk memungkinkan administrasi database yang sukses. MySQL mencapai tujuannya bahkan dalam aplikasi yang paling menuntut sambil memastikan kecepatan optimal, indeks teks lengkap, dan cache memori unik untuk peningkatan kinerja. Ini adalah solusi yang andal, kuat, dan stabil dengan fitur-fitur canggih.

Baik itu situs web eCommerce yang menerima sejuta kueri per hari atau sistem pemrosesan transaksi berkecepatan tinggi, Anda dapat dengan mudah menangani data menggunakan MySQL. MySQL memiliki skalabilitas yang tak tertandingi, memungkinkan Anda untuk menjalankan program yang tertanam secara mendalam dengan pengurangan jejak, bahkan di gudang yang sangat besar dengan data berukuran terabyte.

Fitur menonjol MySQL adalah fleksibilitas sesuai permintaannya . Solusi sumber terbuka memungkinkan organisasi eCommerce dengan persyaratan server database khusus untuk menyesuaikannya sepenuhnya.

Apa itu Google Spreadsheet?

Spreadsheet Google adalah lembar Excel online untuk keperluan pribadi atau bisnis, yang sepenuhnya gratis untuk digunakan. Saat mengelola data dan gambar rencana, Google Spreadsheet, seperti Microsoft Excel, sangat membantu. Lembaran Google juga memiliki fitur seperti Excel seperti validasi data , filter, menu tarik-turun, dan beberapa persamaan sederhana untuk mempermudah.

Google sheet gratis untuk digunakan dan menawarkan keuntungan signifikan karena disimpan secara online di Google Drive dan dibagikan dengan siapa saja sesuai kebutuhan.

Apa itu Apps Script di Google Sheets?

Apps Script , berdasarkan JavasScript , adalah platform pengembangan aplikasi bawaan di Google Sheets. Ini mencakup Java Database Connectivity (JDBC) API yang menyediakan konektivitas ke database Microsoft SQL, Oracle, dan MySQL. Ini mencakup beberapa pekerjaan Visual Basic untuk aplikasi (VBA) di Excel. Anda dapat menyesuaikan spreadsheet Google dengan menambahkan menu khusus, melakukan validasi, atau memperluas fungsionalitas ke satu atau beberapa sheet menggunakan skrip aplikasi. Kebanyakan orang menggunakan skrip ini untuk mengotomatiskan operasi tertentu seperti menghubungkan MySQL ke Google Sheets agar pekerjaan kita sehari-hari menjadi mudah dan cepat.

Apa yang Anda perlukan untuk menghubungkan MySQL ke Google Sheets?

Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat jika menghubungkan MySQL ke Google Sheets:

  •  Ini akan membantu membuat berbagai dasbor dan laporan saluran penjualan, memperbarui dan mengubah volume data yang signifikan, dan memvisualisasikan data dalam jumlah besar.
  • Penting untuk mengekspor dan memperbarui kumpulan data MySQL Anda secara manual dan menyalin dan menempelkannya ke Google Sheets jika data Anda tidak ditautkan. Jika Anda bekerja dengan volume data yang sangat besar, ini akan memakan waktu terlalu lama.
  • Selain itu, teknik manual menyisakan ruang untuk banyak kesalahan manusia. Ini juga memungkinkan Anda untuk membuat data Anda lebih mudah diakses oleh mereka yang kurang terbiasa dengan aplikasi intelijen bisnis dan SQL dengan menghubungkan database MySQL Anda ke Google Sheets.

Skalakan integrasi data Anda dengan mudah dengan Hevo’s Fault-Tolerant No Code Data Pipeline

Karena kemampuan bisnis untuk mengumpulkan data meledak, tim data memiliki peran penting dalam mendorong keputusan berdasarkan data. Namun, mereka berjuang untuk menggabungkan data yang tersebar di berbagai sumber ke gudang mereka untuk membangun satu sumber kebenaran. Pipa yang rusak, masalah kualitas data, bug dan kesalahan, serta kurangnya kontrol dan visibilitas atas aliran data membuat integrasi data menjadi mimpi buruk.

1000+ tim data mengandalkan Platform Pipa Data Hevo untuk mengintegrasikan data dari lebih dari 150+ sumber dalam hitungan menit. Miliaran peristiwa data dari berbagai sumber seperti aplikasi SaaS, Basis Data, Penyimpanan File, dan sumber Streaming dapat direplikasi hampir secara real-time dengan arsitektur toleran kesalahan Hevo. Terlebih lagi – Hevo menempatkan kendali penuh di tangan tim data dengan dasbor intuitif untuk pemantauan saluran pipa, manajemen skema otomatis, jadwal konsumsi/pemuatan kustom.

Semua ini dikombinasikan dengan harga transparan dan dukungan 24×7 menjadikan kami perangkat lunak pipa data yang paling disukai di situs ulasan.

Ikuti uji coba gratis 14 hari kami untuk merasakan cara yang lebih baik dalam mengelola saluran data.

Hubungkan MySQL ke Google Sheets secara manual

Ikuti langkah-langkah sederhana yang diberikan di bawah ini untuk menghubungkan MySQL ke Google Sheets secara manual:

Langkah 1: Buka editor Skrip di Google Sheet Anda

  • Langkah 1 : Arahkan ke menu Alat di spreadsheet Google Sheets baru.
  • Langkah 2 : Pilih Script editor dari pilihan. Tab baru akan meluncurkan editor skrip dengan fungsi contoh myFunction(). Anda dapat menggunakan file ini untuk mendefinisikan variabel global atau menulis logika Anda dalam fungsi yang sama. Itu mungkin meminta beberapa izin dari akun Google Anda.
  • Langkah 3 : Di antarmuka Google Apps Script , beri nama proyek Anda.
  • Langkah 4: Skrip Anda harus membuat koneksi ke database terlebih dahulu untuk memperbarui database eksternal menggunakan JDBC. Anda kemudian membuat perubahan dengan mengirimkan kueri SQL. Untuk mengizinkan akses Apps Script, Anda harus memasukkan banyak rentang IP dalam pengaturan basis data Anda ke daftar putih. Alamat IP tercantum di bawah ini.
216.239.32.0 – 216.239.63.255
209.85.128.0 – 209.85.255.255
207.126.144.0 – 207.126.159.255
173.194.0.0 – 173.194.255.255
74.125.0.0 – 74.125.255.255
72.14.192.0 – 72.14.255.255
66.249.80.0 – 66.249.95.255
66.102.0.0 – 66.102.15.255
64.233.160.0 – 64.233.191.255
‍64.18.0.0 – 64.18.15.255

Langkah 2: Sambungkan ke server MySQL yang baru dibuat menggunakan JDBC

Salin kode yang diberikan di bawah ini dan ganti nilai untuk variabel seperti nama pengguna, kata sandi, host, dll.

var Database_Host = “sql6.freemysq.net”
var Database_Name = “sql64555251”
var Database_username = “sql6515120125”
var Database_password = “LUDdnjvnjvnv”
var Port_number = “3306”
function getConnection() {
 
var url = 'jdbc:mysql://'+Database_Host+':'+Port_number+'/'+Database_Name
var conn = Jdbc.getConnection(url, Database_username, Database_password);
Logger.log(conn); 

Langkah 3: Jalankan dan periksa log untuk memverifikasi apakah proses menghubungkan MySQL ke Google Sheets berhasil

Ini mungkin meminta Akses Otentikasi untuk mengeksekusi skrip sebelum Anda menjalankan dan menghubungkan MySQL ke Google Sheets. Akibatnya, semua pengguna harus lakukan sekarang adalah memberikan akses dan melanjutkan. Anda sekarang dapat menjalankan kueri SQL apa pun seperti Select, Create table, Insert, atau fungsi lainnya di database Anda.

Langkah 4: Buat tabel di MySQL dan jalankan kueri

Jalankan kueri pengujian untuk melihat apakah Google Spreadsheet dapat menjalankan kueri SQL untuk membaca data dari server MySQL.

var stmt = conn.createStatement();
stmt.execute("CREATE TABLE CUSTOMERS(ID INT NOT NULL, NAME VARCHAR (20) NOT NULL,AGE INT NOT NULL);")
stmt.close()

Uji coba yang berhasil menunjukkan bahwa Anda dapat menghubungkan MySQL ke Google Sheets.

Langkah 5: Ambil dan segarkan data MySQL Anda secara otomatis

Anda dapat menambahkan kode ke Google Sheets yang akan mengunduh dan menyegarkan data MySQL Anda setiap menit. Kode ini menggantikan data saat ini di sheet pilihan Anda dengan data dari database MySQL sambil tetap mempertahankan format Google Spreadsheet yang Anda tentukan.

  • Langkah 1 : Tambahkan kode di bawah ini di akhir kode Anda yang sudah ada.
ScriptApp.newTrigger(‘readData’)
.timeBased()
.everyMinutes(1)
.create();
  • Langkah 2 : Izinkan akses dengan mengklik tombol Run, dan eksekusi kode akan dilakukan untuk mengambil dan me-refresh MySQL secara otomatis.

Kesimpulan

Metode ini memungkinkan Anda menghubungkan MySQL ke Google Sheets secara manual melalui Google Scripts. Namun, sering kali diperlukan keahlian teknis dalam Google Script serta sebagian waktu dan upaya tim Teknik Anda untuk menyiapkan & memelihara koneksi yang lancar.

Pada artikel ini, Anda telah mempelajari cara menghubungkan MySQL ke Google Sheets secara efektif menggunakan metode manual. Metode ini memungkinkan Anda menghubungkan MYSQL ke lembar Google secara manual melalui skrip Google. Anda dapat mengatakan bahwa skrip aplikasi google adalah bahasa skrip yang kuat di dalam spreadsheet Google. Itu meningkatkan dan memperluas kemampuan Google Sheets dan melakukan berbagai otomatisasi. MySQL adalah salah satu fitur tambahan yang digunakan dengan skrip aplikasi.

Menerapkan strategi Google Apps Script akan memerlukan banyak informasi dan kemampuan teknis, serta dapat memakan waktu dan upaya. Meskipun menggunakan Skrip Google Apps sering kali memerlukan pengkodean minimal, hal ini memerlukan penerapan personel teknik yang memahami MySQL dan Skrip Google Apps. Ini bisa menjadi tugas yang memakan waktu dan intensif sumber daya jika Anda perlu sering mentransfer data dari MySQL ke Google Sheets.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *