Skip to main content

Menginstal APK Android di Windows 11 dengan aplikasi pihak ketiga

Windows 11 sekarang mendukung sideloading APK Android , yang memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi Android apa pun yang saat ini tersedia di dalam dan di luar Play Store. Namun, Windows tidak mengaktifkan sideloading secara default dan prosesnya bisa membuat frustasi jika Anda tidak mengetahui dasar-dasar baris perintah.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, Microsoft saat ini sedang menguji Subsistem Windows untuk Android di saluran Dev dan Beta. Microsoft telah membuat wadah mesin virtualnya sendiri untuk membuat aplikasi Android di desktop terasa se-asli mungkin, dan proses penginstalannya sangat mudah jika Anda memiliki akses ke Amazon AppStore.

Microsoft juga memungkinkan pengguna untuk melakukan sideload aplikasi menggunakan perintah ADB, tetapi tidak ada ETA kapan perusahaan dapat membuat sideloading dapat diakses oleh pemula. Untungnya, dengan rilis aplikasi pihak ketiga baru yang disebut “WSAInstall”, menginstal APK Android di Windows 11 menjadi lebih mudah.

Setelah sedikit tweak ke Windows Subsystem untuk Android, beberapa pengguna berhasil menginstal Google Play Store di Windows 11. Sekarang, pengembang yang bernama Simone di Twitter telah membuat aplikasi baru bernama “ WSTools ” untuk mengotomatiskan instalasi APK aplikasi Android di Jendela 11.

Aplikasi pihak ketiga yang baru ini telah menghilangkan kebutuhan Command Prompt/PowerShell untuk menginstal aplikasi Android secara manual setiap kali. Sebagai gantinya, Anda sekarang cukup mengetuk tombol “Instal” di dalam GUI.

Cara menginstal APK Android di Windows 11

Untuk memulai, pertama-tama pastikan Anda telah mengunduh Subsistem Windows untuk Android dari Microsoft Store.

Ini dapat dilakukan hanya dengan mencari “Subsistem Windows untuk Android” di Store atau Anda dapat mengunjungi cantuman toko secara manual.

Setelah Anda menginstal Subsistem Windows untuk Android, unduh dan jalankan WSATools dari Microsoft Store , yang membuat seluruh proses menjadi jauh lebih mudah.

Ini adalah penginstal APK untuk Subsistem Windows untuk Android dan mengharuskan pengguna untuk memilih APK secara manual, dan mengklik tombol instal.

Namun, pastikan Anda telah mengunduh ADB dari situs web Google dan hanya itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.