Cara Menggunakan Google Spreadsheet Sebagai Basis Data Situs Anda

Siapkan Database Gratis dengan Google Spreadsheet

Daftar isi:

Untuk memiliki CMS, Anda harus memiliki database. Jika Anda belum pernah menggunakan database daripada menggunakan sesuatu seperti WordPress atau platform CMS lain akan memiliki kurva belajar dan mungkin membingungkan untuk mengetahui cara menggunakannya. Selain itu, platform seperti WordPress memiliki banyak bagian yang bergerak dan lebih rentan pecah. Wordpress hanya membutuhkan lebih banyak perawatan.

Sebaliknya, sesuatu yang sangat familiar seperti Google Sheets, yang hanya berupa spreadsheet, adalah sesuatu yang kebanyakan orang sudah tahu cara menggunakannya dan tidak terlalu menakutkan untuk dipelajari dibandingkan dengan WordPress.

Metode yang akan saya bahas ini gratis dan akan membantu Anda menghemat uang, tetapi ini bukan solusi terbaik untuk situs web yang membutuhkan perlindungan keamanan tingkat lanjut. Namun, sangat cocok untuk desainer atau pengembang yang ingin menampilkan karya atau portofolio mereka.

Bagaimana Anda menggunakan spreadsheet Google untuk bertindak sebagai database Anda?

Pertama, Anda harus memiliki akun Google dan membuat spreadsheet baru.

Jika Anda tidak memiliki akun Google, Anda dapat pergi ke sini .

Di bawah opsi Mulai spreadsheet baru, klik opsi yang mengatakan kosong. Lihat gambar di bawah untuk referensi.

Saat Anda membuat lembar baru, itu akan terlihat seperti ini:

Baris pertama akan menjadi penting. Ini berfungsi sebagai judul untuk informasi data yang akan kita input.

Misalnya jika Anda ingin kolom B memiliki data tanggal, maka pada baris pertama kolom B Anda akan memiliki kata tanggal. Di baris berikut Anda akan memasukkan berbagai tanggal yang Anda butuhkan.

Judul kolom hanya boleh satu kata, tanpa huruf besar. Jika Anda perlu menggunakan beberapa kata untuk judul kolom, masukkan tanda hubung di antara kata-kata tersebut. Anda dapat melihat gambar di bawah ini untuk referensi.

Sekarang setelah Google Sheet Anda disiapkan, Anda harus menautkan spreadsheet ke situs web Anda. Untuk melakukan itu kita akan menggunakan javascript open source yang disebut Tabletop. Saya merekomendasikan ini karena gratis dan mudah diatur.

Anda harus mengunduh javascript Tabletop. Ini dapat ditemukan di sini .

Ada petunjuk terperinci untuk menyiapkannya di halaman unduhan, tetapi saya akan memberikan panduan singkat.

  1. Salin dan Tempel kode di bawah ini ke dalam file javascript untuk situs web Anda:

function init() {
Tabletop.init( { key: ‘https://docs.google.com/spreadsheets/d/0AmYzu_s7QHsmdDNZUzRlYldnWTZCLXdrMXlYQzVxSFE/pubhtml’,
callback: function(data, tableop) {
console.log(data)
},
simpleSheet : true } )
}
window.addEventListener(‘DOMContentLoaded’, init)

2. Gantikan tautan yang bertuliskan ‘kunci’ dengan kunci spreadsheet Google Anda.

Untuk menemukan kunci spreadsheet Anda, kembali ke Google Spreadsheet Anda.

Kuncinya ada di URL dan setelah ” https://docs.google.com/spreadsheets/d/ ” dan sebelum “/” terakhir.

Kuncinya adalah huruf dan angka dan mungkin memiliki tanda hubung atau garis bawah.

Saat Anda menjalankan ini di situs web Anda, itu akan memiliki masalah dalam menghasilkan data Anda dan itu karena Anda perlu mempublikasikan spreadsheet Anda.

Kembali ke Google Spreadsheet Anda dan buka File > Publikasikan ke web

Anda akan mendapatkan menu dialog ini.

Pastikan Anda memiliki seluruh dokumen yang dipilih dalam opsi dropdown. Anda dapat memilih untuk memublikasikan perubahan secara otomatis dengan mencentang fitur di bagian bawah. Jika Anda tidak melakukannya, Anda harus memublikasikan spreadsheet setiap kali Anda membuat perubahan.

Dengan menggunakan Tabletop.js Anda dapat menghubungkan Google Sheet ke situs web Anda. Menggunakan Google Sheets sebagai database Anda memungkinkan Anda menghindari mempelajari platform CMS baru, tetapi jika Anda sudah mengetahui sesuatu seperti WordPress, Anda masih dapat menggunakan Google Sheets karena tidak memerlukan banyak perawatan. Ditambah ditambah dengan wawasan yang saya berikan tentang cara mendapatkan hosting gratis, cara ini akan menghemat uang Anda.

Dengan demikian, ini adalah cara mudah dan gratis untuk mengaktifkan dan menjalankan CMS relatif terhadap opsi lain. Nantikan minggu depan saat saya menunjukkan cara membuat situs web Anda mengulang data database Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.