Cara Membuat Aplikasi Tanpa Coding: Empat Langkah Sederhana


Membangun aplikasi seluler membutuhkan empat langkah sederhana:

  1. Pilih templat.
  2. Beri merek aplikasi Anda.
  3. Edit dan tambahkan konten ke aplikasi Anda.
  4. Publikasikan aplikasi Anda.

Artikel ini akan membahas masing-masing tahapan ini secara lebih rinci dan menunjukkan kepada Anda cara membuat aplikasi tanpa coding.

Gambar: Olaf Val/Unsplash

Cara Membuat Aplikasi Tanpa Menulis Sebaris Kode

Untuk membuat aplikasi seluler tanpa pengkodean, Anda perlu menggunakan pembuat aplikasi. Ini adalah alat yang datang dengan templat dan fitur yang telah diprogram sebelumnya yang dapat Anda gunakan untuk mengedit dan menyesuaikan aplikasi Anda.

Karena fitur dalam pembuat aplikasi sudah dibuat sebelumnya, Anda tidak perlu memprogramnya sendiri. Dan karena Anda dapat menyesuaikan tampilan, konten, dan fitur, Anda dapat membuat aplikasi seluler yang sepenuhnya milik Anda sendiri.

AppInstitute adalah salah satu pembuat aplikasi paling populer. Kami telah merancang proses pengembangan aplikasi seluler sesederhana mungkin.

Kami yakin Anda akan dapat membuat aplikasi seluler yang memukau pelanggan Anda, terlepas dari tingkat kemampuan teknis Anda.

Aplikasi seluler kami sangat cocok untuk bisnis kecil yang menginginkan aplikasi untuk meningkatkan layanan mereka dan bersaing dengan merek yang lebih besar.

Pelanggan kami saat ini meliputi:

  • Restoran yang menggunakan aplikasi seluler mereka untuk mengaktifkan pemesanan, takeaway, dan pengiriman tanpa kontak.
  • Kedai kopi yang menggunakan aplikasi seluler mereka untuk skema loyalitas atau memesan di muka.
  • Salon rambut menggunakan aplikasi untuk mengelola pemesanan dan skema loyalitas.
  • Stasiun radio memberi pendengar aliran radio yang mudah diakses.

Anda dapat dengan cepat membuat aplikasi iOS dan Android dengan pembuat aplikasi kami. Ini penting, karena merilis aplikasi asli di setiap platform memastikan seluruh basis pelanggan Anda dapat menggunakan produk Anda.

Jika Anda ingin membuat aplikasi saat membaca panduan ini, buka tautan ini untuk mendaftar dan mencoba pembuat aplikasi kami.

Gambar: Markus Winkler/Unsplash

Langkah Satu: Pilih Template Aplikasi Anda

Langkah pertama dalam proses pengembangan aplikasi seluler adalah memilih template. Kami memiliki template yang tersedia untuk berbagai jenis bisnis, industri, dan kasus penggunaan.

template

Masing-masing template ini berisi fitur yang paling menguntungkan orang-orang yang menjalankan setiap jenis bisnis.

Sebagai contoh:

  • Template aplikasi salon kecantikan memudahkan salon untuk menerima pemesanan. Ini juga memiliki galeri bisnis yang dapat digunakan untuk memamerkan potongan rambut dan gaya.
  • Template aplikasi kedai kopi berisi program penghargaan loyalitas dan kemampuan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan sebelumnya.
  • Template aplikasi stasiun radio memiliki fitur untuk siaran langsung dan jadwal waktu.

Semua template dapat disesuaikan. Itu berarti jika tidak memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk membuat aplikasi Anda, Anda dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak dalam langkah-langkah berikut.

Jika bisnis Anda tidak sesuai dengan salah satu template yang ada, Anda dapat membuat aplikasi seluler dari awal dan hanya menambahkan halaman dan fitur yang Anda butuhkan. Cukup pilih opsi yang relevan saat menyiapkan.

Langkah Kedua: Pencitraan Merek

Selanjutnya, pilih skema warna untuk template Anda. Kami membuatnya mudah dengan memungkinkan Anda menghubungkan situs web Anda ke pembuat aplikasi seluler.

Kami kemudian mengeluarkan warna yang sudah Anda gunakan dan menyarankan palet yang cocok untuk aplikasi Anda yang cocok dengan merek Anda yang ada.

Jika Anda tidak memiliki situs web atau Anda lebih suka memilih warna, Anda dapat melakukannya di langkah berikutnya. Cukup klik tombol “Lewati langkah ini”.

Pada tahap ini, Anda dapat memasukkan nomor ponsel Anda sehingga kami dapat mengirimkan tautan pratinjau yang memungkinkan Anda melihat tampilan aplikasi di perangkat seluler.

merek

Warna yang Anda pilih bukan satu-satunya cara untuk memberi merek pada aplikasi seluler Anda. Pembuat aplikasi kami memudahkan Anda untuk menyesuaikan aplikasi Anda dengan gambar yang dapat Anda gunakan di layar pembuka atau sebagai gambar bilah header.

Ini membuat aplikasi Anda langsung dikenali. Cukup unggah gambar melalui bagian yang relevan dan gunakan editor seret dan lepas kami.

Langkah terakhir dalam proses branding adalah mengunggah ikon aplikasi Anda. Ini adalah logo yang dilihat orang ketika mereka ingin membuka aplikasi Anda atau mencarinya di App Store atau Google Play.

Pastikan milik Anda menonjol dan langsung dikenali sehingga orang dapat mengakses aplikasi Anda dengan cepat.

Langkah Tiga: Konten

Setiap template aplikasi seluler dilengkapi dengan konten yang telah dimuat sebelumnya, yang dapat Anda edit dengan mudah agar sesuai dengan bisnis Anda sendiri.

Misalnya, Anda dapat mengubah teks yang ditampilkan di halaman Tentang atau menambahkan gambar dan deskripsi baru ke menu Anda.

Pembuat aplikasi juga memudahkan untuk menambahkan tab baru ke aplikasi seluler Anda.

Baik itu halaman tentang kami dengan detail kontak dan informasi sosial perusahaan Anda, halaman layanan yang menguraikan semua yang Anda tawarkan, program loyalitas , atau formulir yang mudah digunakan. Anda dapat menyesuaikan konten Anda untuk membuat aplikasi yang cocok untuk semua jenis bisnis.

Menghapus fitur yang menurut Anda tidak akan menguntungkan audiens juga mudah dilakukan. Jika Anda tidak ingin menawarkan program loyalitas , misalnya, hapus saja dari aplikasi.

Penyesuaian ini memastikan bahwa pemula dapat membuat aplikasi yang unik untuk bisnis mereka tanpa menulis satu baris kode pun.

Setelah Anda menambahkan konten, Anda dapat mengatur opsi navigasi. Pilih dari bilah tab atau menu bilah sisi yang memungkinkan pelanggan mengakses fitur di aplikasi Anda dengan mudah.

Menyiapkan bagian belakang fitur itu mudah. Anda dapat menyesuaikan pengaturan sehingga Anda menerima pemberitahuan ketika seseorang membuat pesanan atau mengirimi Anda pesan.

Dimungkinkan juga untuk membatasi akses ke halaman tertentu hanya untuk pengguna yang masuk.

Langkah Empat: Publikasikan

Sekarang Anda telah mengerjakan desain dan menambahkan konten Anda ke setiap area aplikasi, Anda hanya perlu memublikasikannya. Pengguna kemudian akan dapat dengan mudah mengunduh aplikasi iOS atau Android ke ponsel mereka.

Pembuat aplikasi kami menyediakan semua pengguna kami dengan wizard yang mudah digunakan yang menyederhanakan proses publikasi. Cukup ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan aplikasi Anda di App Store, Google Play Store, atau keduanya.

Ada beberapa bagian yang harus Anda selesaikan sebelum ditayangkan. Pertama, Anda perlu mengonfirmasi bahwa Anda tidak melanggar salah satu peringatan konten dari salah satu toko aplikasi.

Kemudian Anda dapat mengisi detail yang akan muncul di cantuman toko aplikasi Anda, termasuk:

  • Judul Aplikasi
  • Nama Ikon
  • Kategori
  • Kata kunci
  • Keterangan

Sebelum memublikasikan aplikasi seluler, Anda harus mendaftar ke akun Google dan Apple Developers. Ini diperlukan oleh semua orang yang ingin memublikasikan aplikasi di salah satu platform ini.

Gambar: Pembuat Kampanye/Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published.