Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Pendekatan alternatif untuk pengembangan aplikasi Android—yang tidak melibatkan penulisan kode sama sekali atau hanya menulis sedikit kode—menjadi semakin layak saat ini. Mereka, tentu saja, ideal untuk non-programmer, tetapi programmer berpengalaman juga dapat menggunakannya untuk menghemat waktu dan tenaga. Dalam tutorial ini, saya akan berbicara tentang dua pendekatan tersebut dan memperkenalkan Anda pada beberapa alat dan template yang memungkinkannya.

CodeCanyon Adalah Marketplace untuk Template dan Pembuat Aplikasi

CodeCanyon  adalah pasar online yang memiliki ratusan template aplikasi Android profesional dan alat pembuat tambahan. Beberapa di antaranya sangat kaya fitur dan dirancang dengan baik. Terkadang Anda dapat menghemat waktu berhari-hari, bahkan berbulan-bulan, dengan menggunakan salah satunya.

Buku terlaris template aplikasi Android seluler CodeCanyon

1. Menggunakan Pembuat Aplikasi

Pembuat aplikasi biasanya merupakan alat yang memungkinkan Anda membuat aplikasi hanya dengan mengisi beberapa formulir. Sebagian besar yang populer cukup fleksibel untuk membuat berbagai macam aplikasi. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk membuat aplikasi e-niaga, aplikasi berita, atau bahkan aplikasi obrolan. Dan hal terbaik tentang mereka adalah Anda tidak perlu menulis satu baris kode pun saat menggunakannya.

Pembuat Aplikasi Bereaksi

React App Builder , alat premium yang tersedia di CodeCanyon, mungkin adalah pembuat aplikasi paling kuat dan fleksibel yang bisa Anda dapatkan hari ini. Karena menggunakan kerangka kerja lintas platform React Native secara internal, Anda dapat menggunakannya untuk membuat aplikasi untuk perangkat Android dan iOS.

Ini memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi menggunakan antarmuka yang sangat intuitif berdasarkan interaksi drag-and-drop. Itu juga dilengkapi dengan 11 template cantik yang dapat Anda gunakan untuk memulai pengembangan aplikasi Anda.

Pembuat Aplikasi Bereaksi

Perlu dicatat bahwa alat ini juga tersedia sebagai layanan yang dihosting di cloud. Jika Anda tidak ingin menghabiskan waktu untuk menginstal, mengonfigurasi, dan memperbarui alat secara teratur di komputer Anda, menggunakan opsi berbasis cloud akan ideal untuk Anda.

IMABuildeRz

IMABuildeRz adalah pembuat aplikasi populer lainnya yang dapat membuat aplikasi untuk perangkat Android dan iOS. Ini menggunakan kerangka kerja Ionic 4 secara internal, sehingga menghasilkan kode TypeScript dan SCSS.

IMABuildeRz

Alat ini dilengkapi dengan sejumlah besar add-on yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan fitur umum dengan cepat ke aplikasi Anda. Misalnya, ada add-on untuk menangani formulir, dokumen JSON, autentikasi JWT, dan iklan AdMob. Ada juga add-on yang dapat langsung menghasilkan layar penuh, seperti layar “Tentang Kami” dan “Hubungi Kami”.

Selain itu, ada arahan yang tersedia untuk mengimplementasikan fungsionalitas seperti teks ke ucapan, pemindaian kode batang, dan streaming media.

AppsGeyser: Pembuat Aplikasi Android Gratis

Jika Anda mencari alat yang gratis, AppsGeyser pasti patut dicoba. Ini adalah platform pengembangan aplikasi online yang menawarkan lebih dari 70 templat aplikasi unik dan antarmuka berbasis formulir yang sederhana untuk menyesuaikannya. Ada template untuk aplikasi kuis, aplikasi mewarnai, browser, messenger, dan beberapa jenis permainan juga.

aplikasiGeyser

Perhatikan bahwa versi gratis AppsGeyser bekerja pada sistem bagi hasil. Dengan kata lain, ia mengharapkan Anda untuk memiliki iklan di aplikasi Anda dan berbagi 50% dari pendapatan Anda. Jika Anda tidak setuju dengan itu, Anda harus beralih ke versi premium, yang memungkinkan Anda mematikan iklan.

2. Mengonversi Situs Web ke Aplikasi

Jika Anda sudah memiliki blog atau aplikasi web progresif, ada alat yang tersedia di CodeCanyon yang dapat mengubahnya menjadi aplikasi Android asli. Sebagian besar dari mereka menggunakan tampilan web atau API WordPress untuk melakukannya.

WebViewGold untuk Android

WebViewGold untuk Android adalah template yang sangat populer untuk mengonversi situs web menjadi aplikasi Android asli berkinerja tinggi. Aplikasi yang Anda buat dengannya akan memiliki dukungan untuk pembelian dalam aplikasi, pemberitahuan push, tautan dalam, iklan AdMob, dan berbagai jenis dialog bawaan. Langsung dari kotak, Anda juga mendapatkan layar pembuka yang mudah disesuaikan, indikator pemuatan, dan layar offline.

WebViewEmas

Jika Anda sedang terburu-buru dan ingin membuat aplikasi Anda dalam beberapa menit, WebViewGold cocok untuk Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan template ke situs web Anda atau folder lokal yang berisi semua file HTML Anda dan membangunnya dengan Android Studio versi terbaru.

WebViewGold juga tersedia untuk iOS . Jadi, jika Anda ingin aplikasi Anda berjalan secara native di Android dan iOS, dan memiliki tampilan dan nuansa yang sama di kedua platform, menggunakan template ini adalah cara yang harus dilakukan.

Tampilan Web Android Universal

Template Universal Android WebView telah menjadi buku terlaris di CodeCanyon selama bertahun-tahun sekarang. Template Android ini dapat mengonversi situs web apa pun menjadi aplikasi Desain Material asli yang terlihat bagus dan berkinerja baik di ponsel dan tablet. Karena warna merupakan aspek yang sangat penting dari Desain Material, ia menawarkan sepuluh tema warna yang indah untuk aplikasi Anda.

Tampilan Web Android Universal

Aplikasi yang Anda buat dengan template ini akan memiliki panel samping navigasi dan dukungan untuk gerakan pull-to-refresh. Mereka juga akan sepenuhnya terintegrasi dengan iklan AdMob, Firebase Analytics, dan Firebase Cloud Messaging. Selain itu, untuk dapat menangani unduhan file, mereka akan memiliki pengelola unduhan yang terpasang di dalamnya.

Untuk menyesuaikan template Universal Android WebView, Anda hanya perlu membuat perubahan dalam satu file konfigurasi, yang sangat mudah dipahami. Dengan demikian, jika Anda memiliki situs web yang responsif, Anda harus dapat mengubahnya menjadi aplikasi yang dipoles dengan baik dalam waktu sekitar 15 menit menggunakan template ini.

Pembuat Aplikasi Android

Android App Builder adalah alat lain yang dapat mengubah situs web apa pun menjadi aplikasi Android asli. Ini juga menawarkan fitur tambahan untuk situs WordPress. Misalnya, ia memiliki enam tata letak berbeda untuk merender posting WordPress Anda, dengan dukungan untuk efek gulir paralaks.

Jika Anda memiliki situs web yang tidak menggunakan WordPress, pastikan situs tersebut memiliki tata letak yang responsif untuk hasil terbaik. Aplikasi untuk situs web semacam itu, secara default, akan memiliki fitur praktis seperti dukungan untuk unggah dan unduh file, indikator pemuatan, dan gerakan gesek untuk menyegarkan yang ada di dalamnya.

Pembuat Aplikasi Android

Android App Builder juga memiliki beberapa fitur yang didedikasikan untuk menangani semua video YouTube, album Flickr, dan posting Tumblr yang Anda sematkan di situs web Anda. Muncul dengan enam tata letak unik untuk menampilkan konten saluran dan daftar putar YouTube. Demikian pula, untuk menampilkan konten album Flickr dan posting gambar Tumblr Anda, ia menawarkan tiga tata letak.

Pembuat Aplikasi Flink

Flink App Builder adalah alat yang ampuh yang membantu Anda mengubah situs WordPress menjadi aplikasi Android asli hanya dalam beberapa klik. Karena terintegrasi penuh dengan platform WordPress, aplikasi yang Anda buat dengannya akan mampu merender semua posting, halaman, komentar, dan galeri gambar blog Anda dengan lancar. Selanjutnya, setiap perubahan yang Anda buat di blog Anda akan langsung terlihat di aplikasi Anda.

Pembuat Aplikasi Flink

Semua aplikasi yang Anda buat dengan Flink akan memiliki dukungan bawaan untuk pemberitahuan push. Dan jika Anda ingin memonetisasi aplikasi tersebut, Anda dapat memilih untuk menambahkan iklan AdMob atau iklan Jaringan Audiens Facebook ke aplikasi tersebut.

Aplikasi Flink memiliki banyak fitur tambahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang mereka tawarkan, seperti animasi transisi layar, layar splash, dan komponen Desain Material. Tetapi salah satu hal terbaik tentang mereka, menurut pendapat saya, adalah bahwa mereka memiliki manajemen pengguna yang dibangun di dalamnya. Ini berarti bahwa mereka tidak hanya mendukung pendaftaran dan masuk pengguna, tetapi juga mampu memiliki konten yang dilindungi kata sandi.

RocketWeb

RocketWeb adalah template premium lain yang menggunakan tampilan web untuk mengubah aplikasi web menjadi aplikasi Android asli. Ini menawarkan lebih dari 50 tema yang dapat Anda gunakan untuk menata aplikasi Anda. Beberapa tema memiliki warna solid, sementara yang lain memiliki gradien yang menarik.

Template sangat dapat disesuaikan, tetapi tidak diperlukan pengkodean. Anda dapat menggunakan formulir sederhana berbasis browser untuk mengonfigurasi template agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

RocketWeb

Aplikasi yang Anda buat dengan RocketWeb akan memiliki, selain tampilan web, laci navigasi, bilah alat, dan layar splash yang indah, yang semuanya dapat diubah agar sesuai dengan tampilan dan nuansa situs Anda. Mereka juga akan memiliki halaman kesalahan yang disertakan, yang dapat Anda gunakan untuk menangani masalah konektivitas dan kesalahan runtime lainnya.

Aplikasi RocketWeb mendukung Google Cloud Messaging dan notifikasi push OneSignal. Dan jika Anda ingin memonetisasinya, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan iklan AdMob.

Kesimpulan

Anda bisa menjadi non-programmer dan tetap membangun aplikasi Android yang menguntungkan. Pada artikel ini, saya memperkenalkan Anda ke beberapa alat dan template yang dapat Anda gunakan untuk melakukannya. Sebagian besar alat yang saya sebutkan sangat mudah digunakan dan mempercepat proses pengembangan aplikasi sehingga Anda berpotensi menghasilkan banyak aplikasi setiap hari. Dengan menambahkan iklan ke aplikasi tersebut dan memublikasikannya di Google Play, Anda dapat dengan mudah membangun aliran pendapatan pasif baru untuk Anda sendiri.

Jika Anda hanya tertarik untuk membangun aplikasi yang menarik dengan cepat untuk bisnis Anda, saya sarankan Anda juga melihat beberapa template aplikasi Android lengkap yang tersedia di CodeCanyon. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang templat aplikasi di pos kami yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.