Proyek Arduino Sederhana


Penelitian selingan dan hobi di tahun 2021 tersampaikan dengan selesainya merakit sensor gas MQ 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, MQ 135, dan CJMCU 1100 MS1100, juga sensor jenis TGS 26xx dari Figaro (sensor yang dipakai GeNose UGM) untuk mengidentifikasi VOC (Volatile Organic Compound) terintegrasi Arduino. Desain portable dan bisa gonta-ganti sensor sesuai keperluan.

Untuk pengembangan selanjutnya bisa diarahkan untuk penyimpanan data ke micro SD atau terkirim via internet supaya data bisa diakses dengan mudah. Pembacaan data sensor juga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan Data Streamer (PLX)  pada Excel. Pembacaan data juga dengan mudah dapat di-copy jika menjalankan aplikasi melalui Cloud Arduino di https://create.arduino.cc/editor/. Lebih elegan lagi jika akuisisi data menggunakan interfacing LabView dengan arduino. Download di https://shareappscrack.com/ni-labview/?token=68936638.

Saya share source code dasar aplikasi Arduino IDE untuk menjalankan sensor MQ 2 dan MQ 135, dapat digunakan  mengukur kualitas udara atau gas volatil, ditambah pembacaan temperatur dan kelembaban udara menggunakan sensor DHT 22 dengan tampilan di LCD 16×2 dan di layar komputer. Source code ini dikembangkan dari https://github.com/miguel5612/MQSensorsLib.

Download Library: https://www.arduinolibraries.info/
Download Arduino IDE: https://www.arduino.cc/en/software

 

Download Library: https://www.arduinolibraries.info/
Download Arduino IDE: https://www.arduino.cc/en/software

Leave a Reply

Your email address will not be published.