Bot: Pengenalan untuk pengembang

Bot adalah aplikasi pihak ketiga yang berjalan di dalam Telegram. Pengguna dapat berinteraksi dengan bot dengan mengirimi mereka pesan, perintah, dan permintaan sebaris . Anda mengontrol bot Anda menggunakan permintaan HTTPS ke Bot API kami .

1. Apa yang dapat saya lakukan dengan bot?

Untuk menyebutkan beberapa hal, Anda dapat menggunakan bot untuk:

  • Dapatkan pemberitahuan dan berita yang disesuaikan . Bot dapat bertindak sebagai surat kabar pintar, mengirimi Anda konten yang relevan segera setelah diterbitkan.
  • Integrasikan dengan layanan lain . Bot dapat memperkaya obrolan Telegram dengan konten dari layanan eksternal.
    Gmail Bot , GIF bot , IMDB bot , Wiki bot , bot Music , Youtube bot , GitHubBot
  • Terima pembayaran dari pengguna Telegram . Bot dapat menawarkan layanan berbayar atau berfungsi sebagai etalase virtual. Baca lebih lanjut »
    Bot Toko Demo
  • Buat alat khusus . Bot dapat memberi Anda peringatan, prakiraan cuaca, terjemahan, pemformatan, atau layanan lainnya.
    Bot penurunan harga , Bot stiker , bot Vote , Suka bot
  • Buat game tunggal dan multipemain . Bot dapat menawarkan pengalaman HTML5 yang kaya , mulai dari arcade dan teka-teki sederhana hingga penembak 3D dan game strategi waktu nyata.
    GameBot , Gamee
  • Bangun layanan sosial . Bot dapat menghubungkan orang yang mencari mitra percakapan berdasarkan minat atau kedekatan yang sama.
  • Lakukan hampir semua hal lain . Kecuali piring – bot sangat buruk dalam mencuci piring.

2. Bagaimana cara kerja bot?

Intinya, Telegram Bot adalah akun khusus yang tidak memerlukan nomor telepon tambahan untuk disiapkan. Pengguna dapat berinteraksi dengan bot dengan dua cara:

  • Kirim pesan dan perintah ke bot dengan membuka obrolan dengan mereka atau dengan menambahkannya ke grup.
  • Kirim permintaan langsung dari kolom input dengan mengetikkan @namapengguna bot dan kueri. Ini memungkinkan pengiriman konten dari bot sebaris langsung ke obrolan, grup, atau saluran apa pun.

Pesan, perintah, dan permintaan yang dikirim oleh pengguna diteruskan ke perangkat lunak yang berjalan di server Anda. Server perantara kami menangani semua enkripsi dan komunikasi dengan API Telegram untuk Anda. Anda berkomunikasi dengan server ini melalui antarmuka HTTPS sederhana yang menawarkan versi sederhana dari API Telegram. Kami menyebut antarmuka itu API Bot kami .

Penjelasan rinci tentang Bot API tersedia di halaman ini »

3. Bagaimana cara membuat bot?

Ada… bot untuk itu. Cukup berbicara dengan BotFather (dijelaskan di bawah ) dan ikuti beberapa langkah sederhana. Setelah Anda membuat bot dan menerima token otorisasi Anda, buka manual Bot API untuk melihat apa yang dapat Anda ajarkan untuk bot Anda lakukan.

Anda mungkin juga ingin melihat beberapa contoh kode di sini »

4. Apa bedanya bot dengan manusia?

  • Bot tidak memiliki status online dan tidak ada stempel waktu yang terakhir terlihat, antarmuka menampilkan label ‘bot’ sebagai gantinya.
  • Bot memiliki penyimpanan cloud yang terbatas – pesan yang lebih lama dapat dihapus oleh server segera setelah diproses.
  • Bot tidak dapat memulai percakapan dengan pengguna. Seorang pengguna harus menambahkan mereka ke grup atau mengirimi mereka pesan terlebih dahulu. Orang dapat menggunakan t.me/<bot_username>tautan atau pencarian nama pengguna untuk menemukan bot Anda.
  • Nama pengguna bot selalu diakhiri dengan ‘bot’ (mis. @TriviaBot , @GitHub_bot ).
  • Saat ditambahkan ke grup, bot tidak menerima semua pesan secara default (lihat Mode privasi ).
  • Bot tidak pernah makan, tidur, atau mengeluh (kecuali diprogram sebaliknya secara tegas).

5. Manfaat bot

Bot Telegram unik dalam banyak hal – kami menawarkan dua jenis keyboard, antarmuka tambahan untuk perintah default dan tautan dalam serta pemformatan teks dan banyak lagi.

Mode sebaris

Pengguna dapat berinteraksi dengan bot Anda melalui kueri sebaris langsung dari bidang masukan teks di obrolan apa pun . Yang perlu mereka lakukan hanyalah memulai pesan dengan nama pengguna bot Anda dan kemudian mengetik kueri.

Setelah menerima kueri, bot Anda dapat mengembalikan beberapa hasil. Segera setelah pengguna mengetuk salah satunya, pesan itu dikirim ke obrolan pengguna yang saat ini dibuka. Dengan cara ini, orang dapat meminta konten dari bot Anda di obrolan, grup, atau saluran mereka.

Kunjungi blog ini untuk melihat contoh bot sebaris yang bekerja. Anda juga dapat mencoba @sticker dan @music bot untuk melihat sendiri.

Kami juga telah menerapkan cara mudah bagi bot Anda untuk beralih antara mode inline dan PM .

Baca lebih lanjut tentang Mode Inline »

Platform pembayaran

Anda dapat menggunakan bot untuk menerima pembayaran dari pengguna Telegram di seluruh dunia.

Dari perspektif pengguna, sistem ini sepenuhnya mulus. Bot Anda mengirimkan pesan faktur dengan format khusus . Pesan tersebut menampilkan foto dan deskripsi produk bersama dengan tombol Bayar yang menonjol . Mengetuk tombol ini membuka antarmuka pembayaran khusus tepat di aplikasi Telegram.

Pengguna memasukkan info yang diperlukan, memilih salah satu kartu mereka yang disimpan atau memasukkan yang baru (Telegram juga mendukung Apple Pay dan Android Pay) – dan membayar produk Anda. Seperti inilah prosesnya:

Platform game

Bot dapat menawarkan game HTML5 kepada penggunanya untuk bermain sendiri atau bersaing satu sama lain dalam grup dan obrolan satu lawan satu. Platform ini memungkinkan bot Anda melacak skor tinggi untuk setiap game yang dimainkan di setiap obrolan. Setiap kali ada pemimpin baru dalam game, anggota lain yang bermain dalam obrolan diberi tahu bahwa mereka perlu meningkatkannya.

 

Karena teknologi dasarnya adalah HTML5, gim ini dapat berupa apa saja, mulai dari arkade dan teka-teki sederhana hingga penembak 3D multipemain dan gim strategi waktu nyata. Tim kami telah membuat beberapa demo sederhana untuk Anda coba:

Anda juga dapat melihat bot @gamee yang memiliki lebih dari 20 game.

Baca lebih lanjut tentang Platform Game »

Keyboard

Bot obrolan tradisional tentu saja dapat diajarkan untuk memahami bahasa manusia. Tetapi terkadang Anda menginginkan beberapa masukan yang lebih formal dari pengguna – dan di sinilah keyboard khusus bisa menjadi sangat berguna.

Setiap kali bot Anda mengirim pesan, bot dapat meneruskan keyboard khusus dengan opsi balasan yang telah ditentukan sebelumnya (lihat ReplyKeyboardMarkup ). Aplikasi Telegram yang menerima pesan tersebut akan menampilkan keyboard Anda kepada pengguna. Mengetuk salah satu tombol akan segera mengirimkan perintah terkait. Dengan cara ini Anda dapat secara drastis menyederhanakan interaksi pengguna dengan bot Anda.

Saat ini kami mendukung teks dan emoji untuk tombol Anda. Berikut beberapa contoh papan ketik khusus:

 

  

 

Untuk informasi teknis lebih lanjut tentang keyboard kustom, lihat manual Bot API (lihat sendMessage ).

Keyboard sebaris dan pembaruan saat itu juga

Ada kalanya Anda lebih suka melakukan sesuatu tanpa mengirim pesan apa pun ke obrolan. Misalnya, saat pengguna Anda mengubah pengaturan atau membalik-balik hasil pencarian. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menggunakan Inline Keyboards yang diintegrasikan secara langsung ke dalam pesan-pesannya.

Tidak seperti papan ketik balasan khusus, menekan tombol pada papan ketik sebaris tidak menghasilkan pesan yang dikirim ke obrolan. Sebaliknya, keyboard inline mendukung tombol yang bekerja di belakang layar: tombol callback , tombol URL , dan beralih ke tombol inline .

  

Saat tombol panggilan balik digunakan, bot Anda dapat memperbarui pesan yang ada (atau hanya papan ketiknya) sehingga obrolan tetap rapi. Lihat bot sampel berikut untuk melihat keyboard sebaris beraksi: @music , @vote , @like .

Baca lebih lanjut tentang keyboard sebaris dan pengeditan seketika »

Perintah

Perintah menyajikan cara yang lebih fleksibel untuk berkomunikasi dengan bot Anda. Sintaks berikut dapat digunakan:

/command

Perintah harus selalu dimulai dengan simbol ‘/’ dan tidak boleh lebih dari 32 karakter. Perintah dapat menggunakan huruf latin, angka, dan garis bawah. Berikut ini beberapa contohnya:

/get_messages_stats
/set_timer 10min Alarm!
/get_timezone London, UK

Pesan yang dimulai dengan garis miring akan selalu diteruskan ke bot (bersama dengan balasan ke pesannya dan pesan yang @menyebut bot dengan nama pengguna). Aplikasi Telegram akan:

  • Sarankan daftar perintah yang didukung dengan deskripsi ketika pengguna memasukkan ‘/’ (agar ini berfungsi, Anda harus memberikan daftar perintah ke BotFather ). Mengetuk perintah dalam daftar segera mengirimkan perintah tersebut.
  • Tampilkan tombol (/) tambahan di bidang input di semua obrolan dengan bot. Mengetuknya mengetik ‘/’ dan menampilkan daftar perintah.
  • Sorot / perintah dalam pesan. Saat pengguna mengetuk perintah yang disorot, perintah tersebut dikirim sekaligus.

 

  

Jika beberapa bot berada dalam satu grup, dimungkinkan untuk menambahkan nama pengguna bot ke perintah untuk menghindari kebingungan:

/start@TriviaBot
/start@ApocalypseBot

Ini dilakukan secara otomatis ketika perintah dipilih melalui daftar saran. Harap diingat bahwa bot Anda harus dapat memproses perintah yang diikuti oleh nama penggunanya.

Perintah global

Untuk memudahkan pengguna menavigasi bot multiverse, kami meminta semua pengembang untuk mendukung beberapa perintah dasar. Aplikasi Telegram akan memiliki pintasan antarmuka untuk perintah ini.

  • / start – memulai interaksi dengan pengguna, misalnya dengan mengirim pesan salam. Perintah ini juga dapat digunakan untuk meneruskan parameter tambahan ke bot (lihat Deep linking )
  • / help – mengembalikan pesan bantuan. Ini bisa berupa teks singkat tentang apa yang dapat dilakukan bot Anda dan daftar perintah.
  • / pengaturan – (jika berlaku) mengembalikan pengaturan bot untuk pengguna ini dan menyarankan perintah untuk mengedit pengaturan ini.

Pengguna akan melihat tombol Mulai saat pertama kali membuka percakapan dengan bot Anda. Tautan Bantuan dan Pengaturan akan tersedia di menu di halaman profil bot.

 

 

Pemformatan: teks tebal, miring, lebar tetap, dan tautan sebaris

Anda dapat menggunakan teks tebal, miring atau lebar tetap, serta tautan sebaris di pesan bot Anda. Klien Telegram akan membuatnya sesuai.

Baca selengkapnya di manual Bot API »

Mode privasi

Bot sering kali ditambahkan ke grup untuk meningkatkan komunikasi antara pengguna manusia, misalnya dengan menyediakan berita, pemberitahuan dari layanan eksternal atau fungsionalitas pencarian tambahan. Ini terutama berlaku untuk kelompok yang berhubungan dengan pekerjaan. Sekarang, saat Anda berbagi grup dengan bot, Anda cenderung bertanya pada diri sendiri “Bagaimana saya bisa yakin bahwa bajingan kecil itu tidak menjual riwayat obrolan saya kepada pesaing saya?” Jawabannya adalah – mode privasi .

Bot yang berjalan dalam mode privasi tidak akan menerima semua pesan yang dikirim orang ke grup. Sebaliknya, itu hanya akan menerima:

  • Pesan yang dimulai dengan garis miring ‘/’ (lihat Perintah di atas)
  • Balasan untuk pesan bot itu sendiri
  • Pesan layanan (orang ditambahkan atau dihapus dari grup, dll.)
  • Pesan dari saluran yang menjadi anggotanya

Di satu sisi, ini membantu beberapa dari kita tidur lebih nyenyak di malam hari (di penutup kertas timah), di sisi lain – ini memungkinkan pengembang bot untuk menghemat banyak sumber daya, karena mereka tidak perlu memproses masing-masing puluhan ribu pesan yang tidak relevan. hari.

Mode privasi diaktifkan secara default untuk semua bot, kecuali bot yang ditambahkan ke grup sebagai admin (admin bot selalu menerima semua pesan). Ini dapat dinonaktifkan, sehingga bot menerima semua pesan seperti pengguna biasa (bot perlu ditambahkan kembali ke grup agar perubahan ini berlaku). Kami hanya menyarankan melakukan ini jika bot Anda benar-benar diperlukan untuk berfungsi – pengguna selalu dapat melihat pengaturan privasi bot saat ini di daftar anggota grup. Dalam kebanyakan kasus, menggunakan opsi balas paksa untuk pesan bot sudah lebih dari cukup.

Jadi, pesan apa sebenarnya yang akan diterima bot saya? »

Tautan dalam

Bot Telegram memiliki mekanisme tautan dalam , yang memungkinkan untuk meneruskan parameter tambahan ke bot saat memulai. Ini bisa berupa perintah yang meluncurkan bot – atau token autentikasi untuk menghubungkan akun Telegram pengguna ke akun mereka di beberapa layanan eksternal.

Setiap bot memiliki tautan yang membuka percakapan dengannya di Telegram – https://t.me/<bot username>. Anda dapat menambahkan parameter start atau startgroup ke link ini, dengan nilai hingga 64 karakter. Sebagai contoh:

https://t.me/triviabot?startgroup=test

A-Za-z0-9_Dan -diperbolehkan. Kami merekomendasikan penggunaan base64url untuk menyandikan parameter dengan biner dan jenis konten lainnya.

Mengikuti tautan dengan parameter mulai akan membuka percakapan satu lawan satu dengan bot, menampilkan tombol MULAI di tempat bidang masukan. Jika parameter startgroup digunakan, pengguna diminta untuk memilih grup untuk menambahkan bot. Segera setelah pengguna mengonfirmasi tindakan tersebut (menekan tombol MULAI di aplikasi mereka atau memilih grup untuk menambahkan bot), bot Anda akan menerima pesan dari pengguna tersebut dalam format ini:

/start PAYLOAD

PAYLOADsingkatan dari nilai parameter start atau startgroup yang diteruskan di tautan.

Contoh Deep Linking

Misalkan situs web example.com ingin mengirim pemberitahuan kepada penggunanya melalui bot Telegram. Inilah yang dapat mereka lakukan untuk mengaktifkan pemberitahuan untuk pengguna dengan ID tersebut 123.

  1. Buat bot dengan nama pengguna yang sesuai, misalnya @ExampleComBot
  2. Siapkan webhook untuk pesan masuk
  3. Buat string acak dengan panjang yang cukup, mis $memcache_key = "vCH1vGWJxfSeofSAs0K5PA"
  4. Masukkan nilai 123dengan kunci $memcache_keyke dalam Memcache selama 3600 detik (satu jam)
  5. Tunjukkan tombolnya kepada pengguna kami https://t.me/ExampleComBot?start=vCH1vGWJxfSeofSAs0K5PA
  6. Konfigurasikan prosesor webhook untuk meminta Memcached dengan parameter yang diteruskan dalam pesan masuk yang dimulai dengan /start. Jika kuncinya ada, catat chat_id yang diteruskan ke webhook sebagai telegram_chat_id untuk pengguna 123. Hapus kunci dari Memcache.
  7. Sekarang ketika kami ingin mengirim pemberitahuan kepada pengguna 123, periksa apakah mereka memiliki bidang telegram_chat_id . Jika ya, gunakan metode sendMessage di Bot API untuk mengirimi mereka pesan di Telegram.

Lokasi dan Nomor

Beberapa bot membutuhkan data tambahan dari pengguna agar berfungsi dengan baik. Misalnya, mengetahui lokasi pengguna membantu memberikan hasil spesifik geografis yang lebih relevan. Nomor telepon pengguna bisa sangat berguna untuk integrasi dengan layanan lain, seperti bank, dll.

Bot dapat menanyakan lokasi dan nomor telepon pengguna menggunakan tombol khusus. Perhatikan bahwa nomor telepon dan tombol permintaan lokasi hanya akan berfungsi dalam obrolan pribadi.

Ketika tombol-tombol ini ditekan, klien Telegram akan menampilkan peringatan konfirmasi yang memberi tahu pengguna apa yang akan terjadi.

Manual: Tombol nomor dan lokasi »


6. BotFather

Lompat ke atas untuk mempelajari segala sesuatu tentang bot Telegram »

BotFather adalah bot yang mengatur semuanya. Ini akan membantu Anda membuat bot baru dan mengubah pengaturan untuk yang sudah ada.

Membuat bot baru

Gunakan perintah / newbot untuk membuat bot baru. BotFather akan meminta nama dan nama pengguna Anda, lalu membuat token otorisasi untuk bot baru Anda.

The nama dari bot Anda ditampilkan dalam rincian kontak dan di tempat lain.

The Nama pengguna adalah nama pendek, yang akan digunakan dalam menyebutkan dan link t.me. Nama pengguna terdiri dari 5-32 karakter dan tidak membedakan huruf besar / kecil, tetapi hanya dapat menyertakan karakter Latin, angka, dan garis bawah. Nama pengguna bot Anda harus diakhiri dengan ‘bot’, misalnya ‘tetris_bot’ atau ‘TetrisBot’.

The Token adalah string sepanjang garis 110201543:AAHdqTcvCH1vGWJxfSeofSAs0K5PALDsawyang diperlukan untuk mengotorisasi permintaan bot dan kirim ke Bot API . Jaga keamanan token Anda dan simpan dengan aman, ini dapat digunakan oleh siapa saja untuk mengontrol bot Anda.

Menghasilkan token otorisasi

Jika token Anda saat ini dikompromikan atau Anda kehilangannya karena suatu alasan, gunakan perintah / token untuk membuat yang baru.

Perintah botfather

Perintah yang tersisa cukup jelas:

  • / mybots – mengembalikan daftar bot Anda dengan kontrol praktis untuk mengedit pengaturannya
  • / mygames – melakukan hal yang sama untuk game Anda

Edit bot

  • / setname – ubah nama bot Anda.
  • / setdescription – ubah deskripsi bot , teks pendek hingga 512 karakter, yang menjelaskan bot Anda. Pengguna akan melihat teks ini di awal percakapan dengan bot, berjudul ‘Apa yang bisa dilakukan bot ini?’.
  • / setabouttext – ubah bot tentang info , teks yang lebih pendek hingga 120 karakter. Pengguna akan melihat teks ini di halaman profil bot. Saat mereka membagikan bot Anda dengan seseorang, teks ini dikirim bersama dengan tautannya.
  • / setuserpic – ubah gambar profil bot. Selalu menyenangkan menempatkan wajah ke sebuah nama.
  • / setcommands – ubah daftar perintah yang didukung oleh bot Anda. Pengguna akan melihat perintah ini sebagai saran saat mereka mengetik /di obrolan dengan bot Anda. Setiap perintah memiliki nama (harus dimulai dengan garis miring ‘/’, alfanumerik plus garis bawah, tidak lebih dari 32 karakter, tidak peka huruf besar / kecil), parameter, dan deskripsi teks. Pengguna akan melihat daftar perintah setiap kali mereka mengetik ‘/’ dalam percakapan dengan bot Anda.
  • / deletebot – hapus bot Anda dan bebaskan nama penggunanya.

Edit pengaturan

  • / setinline – beralih mode sebaris untuk bot Anda.
  • / setinlinegeo – meminta data lokasi untuk memberikan hasil sebaris berbasis lokasi .
  • / setjoingroups – beralih apakah bot Anda dapat ditambahkan ke grup atau tidak. Bot apa pun harus dapat memproses pesan pribadi, tetapi jika bot Anda tidak dirancang untuk bekerja dalam grup, Anda dapat menonaktifkannya.
  • / setprivacy – setel pesan mana yang akan diterima bot Anda saat ditambahkan ke grup. Dengan mode privasi dinonaktifkan, bot akan menerima semua pesan. Sebaiknya biarkan mode privasi diaktifkan. Anda perlu menambahkan kembali bot ke grup yang ada agar perubahan ini diterapkan.

Kelola game

  • / newgame – buat game baru .
  • / listgames – dapatkan daftar game Anda.
  • / editgame – edit game.
  • / deletegame – hapus game yang sudah ada.

Harap diperhatikan, mungkin perlu waktu beberapa menit untuk menerapkan perubahan.

Peringatan status

Jutaan orang memilih Telegram karena kecepatannya. Agar tetap kompetitif di lingkungan ini, bot Anda juga harus responsif. Untuk membantu pengembang menjaga bot mereka tetap bugar, Botfather akan mengirimkan peringatan status jika melihat ada yang salah.

Kami akan memeriksa jumlah balasan dan rasio konversi permintaan / respons untuk bot populer (~ 300 permintaan per menit: tetapi jangan tulis ini karena nilainya dapat berubah di masa mendatang). Jika kami mendapatkan pembacaan rendah yang tidak normal, Anda akan menerima pemberitahuan dari Botfather.

Menanggapi peringatan

Secara default, Anda hanya akan mendapatkan satu peringatan per bot per jam. Setiap peringatan memiliki tombol berikut:

  • Tetap. Gunakan ini jika Anda menemukan masalah dengan bot Anda dan memperbaikinya. Jika Anda menekan tombol perbaiki, kami akan melanjutkan pengiriman peringatan dengan cara biasa sehingga Anda dapat melihat apakah perbaikan Anda berhasil dalam 5-10 menit daripada harus menunggu satu jam.
  • Dukung. Gunakan ini untuk membuka obrolan dengan @BotSupport jika Anda tidak melihat masalah apa pun dengan bot Anda atau jika menurut Anda masalahnya ada di pihak kami.
  • Bisukan selama 8 jam / 1w. Gunakan ini jika Anda tidak dapat memperbaiki bot Anda saat ini. Ini akan menonaktifkan semua peringatan untuk bot yang dipermasalahkan selama jangka waktu tertentu. Kami tidak menyarankan penggunaan opsi ini karena pengguna Anda dapat bermigrasi ke bot yang lebih stabil. Anda dapat membunyikan peringatan di pengaturan bot Anda melalui Botfather.
Masalah yang dipantau

Saat ini kami akan memberi tahu Anda tentang masalah berikut:

1.

Too few **private messages** are sent compared to previous weeks: **{value}**

Bot Anda mengirimkan pesan yang jauh lebih sedikit daripada yang dilakukannya di minggu-minggu sebelumnya. Ini berguna untuk bot bergaya buletin yang mengirimkan pesan tanpa perintah dari pengguna. Semakin besar nilainya, semakin signifikan perbedaannya.

2.

Too few replies to incoming **private messages**. Conversion rate: **{value}**

Bot Anda tidak membalas semua pesan yang dikirim kepadanya (tingkat konversi permintaan / tanggapan untuk bot Anda terlalu rendah untuk setidaknya dua dari tiga periode 5 menit terakhir). Untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik, harap balas semua pesan yang dikirim ke bot Anda. Tanggapi pembaruan pesan dengan memanggil metode kirim… (mis. SendMessage ).

3.

Too few answers to **inline queries**. Conversion rate: **{value}**

Bot Anda tidak membalas semua kueri sebaris yang dikirim ke sana, dihitung dengan cara yang sama seperti di atas. Tanggapi pembaruan inline_query dengan memanggil answerInlineQuery .

4.

Too few answers to **callback queries**. Conversion rate: **{value}**
Too few answers to **callback game queries**. Conversion rate: **{value}**

Bot Anda tidak menjawab semua kueri panggilan balik yang dikirimkan kepadanya (dengan atau tanpa permainan), dihitung dengan cara yang sama seperti di atas. Tanggapi pembaruan callback_query dengan memanggil answerCallbackQuery .

Harap diperhatikan bahwa fitur peringatan status masih diuji dan akan ditingkatkan di masa mendatang.


Sekian untuk perkenalannya.

One thought to “Bot: Pengenalan untuk pengembang”

  1. Pingback: Contoh Kode Bot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *