Arduino: Simple Digitalisasi Berbagai Sensor dan Instrumen

Dua puluh lima tahun yang lalu, ketika akan membuat komputerisasi atau digitalisasi maka kita harus mendesain sendiri ADC (Analog to Digital Converter) dan membuat programnya sendiri. Agak ribet. Tapi sekarang begitu mudahnya kita melakukan digitalisasi sejak adanya Arduino. Apa itu Arduino?

Arduino adalah platform elektronik open source yang cocok untuk siswa, penggemar, dan pembuat untuk membuat prototipe dengan sangat cepat dan mudah. Jadi, pada dasarnya ini seperti komputer kecil yang dapat Anda program untuk menyelesaikan sesuatu dan berinteraksi melalui sensor elektronik, lampu, dan motor. Ini membuat proyek elektronik yang sangat kompleks dapat diakses oleh semua orang dan oleh karena itu akan memungkinkan mereka untuk mengubah ide mereka menjadi kenyataan.

Arduino memiliki sejumlah bagian dan antarmuka berbeda yang digabungkan menjadi satu papan. Muncul dengan ukuran berbeda dengan chip berbeda on-board untuk fungsi yang berbeda. Papan Arduino paling dasar adalah “Arduino UNO”. Kita bisa memakai papan Arduino Nano (verrsi kecil) atau Arduino Mega (versi besar). Editor programming yang digunakan bisa memakai Arduino IDE, baik berbasis Windows, Linux atau Mac. Begitu juga bisa menggunakan Arduino loader berbasis handphone, baik melalui kabel USB ataupun melalui bluetooth. Semua mudah…

 

Ada banyak link terkait arduino, bisa diakses dengan mudah, tapi saya telah pilihkan beberapa dokumen pada link di bawah ini yang bisa diakses dengan gratis yang berisi ebook atau file artikel terkait aplikasi arduino. Silahkan akses link Google drive berikut: File Arduino

Beberapa link yang saya sarankan untuk belajar arduino sebagai berikut:

  1. Web Arduino
  2. Software Arduino
  3. Miliohm
  4. Arduino Source code for Yotutube videos
  5. https://www.nyebarilmu.com/
  6. https://jagorobotika.wordpress.com/
  7. https://www.youtube.com/channel/UCRK3ZCIpVVexwVuQ6eHpTYQ/videos
  8. Buku Panduan Arduino:
    https://drive.google.com/file/d/1j03-MFjGKy5nWd9y6-4ng3CKlxwQr_8n/view?usp=sharing
  9. https://create.arduino.cc/projecthub/projects/tags/chemistry
  10. ChemDuino
  11. Arduino Titration
  12. Arduino for temperature and conductivity
  13. Randomnerdtutorials.com/projects-arduino/

Ok, itu saja. Selamat bereksplorasi, berkreasi dan berinovasi untuk hal-hal yang berguna dan praktis sesuai kebutuhan masing-masing. Arduino itu mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *