Lazarus The professional Free Pascal RAD IDE

Khusus bagi programmer komputer! Lazarus 2.0.10 sudah rilis loh…

Anda dapat mengunduh Lazarus 2.0.10 yang disertai dengan FPC 3.2.0 melalui link:
https://www.lazarus-ide.org/index.php?page=downloads
Website: https://www.lazarus-ide.org/index.php

Tentang Proyek Lazarus

Sejarah: Lazarus dimulai pada bulan Februari 1999. Itu terutama didirikan oleh tiga orang:

  • Baeseman Tebing
  • Shane Miller
  • Michael A. Hess

Ketiganya telah berusaha untuk terlibat dengan proyek Megido yang bubar. Dengan frustrasi mereka memulai proyek Lazarus. Ini telah memiliki pertumbuhan yang stabil dari para pendukung dan pengembang selama tahun-tahun berikutnya. Para pendiri tidak terlibat dengan proyek lagi.
Anggota tim tertua berikutnya adalah Marc Weustink. Dia terlibat dengan proyek pada Agustus 1999. Mengikutinya adalah Mattias Gaertner yang terlibat pada September 2000. Keduanya merupakan kontributor utama inti dari apa yang membuat Lazarus tergerak. Lebih lanjut tentang sejarah di Wiki

Jadi, apa itu Lazarus?

Lazarus adalah IDE lintas-platform yang kompatibel dengan Delphi untuk Free Pascal. Ini termasuk LCL yang lebih atau kurang kompatibel dengan VCL Delphi. Free Pascal adalah kompiler GPL yang beroperasi di Linux, Windows, macOS, FreeBSD, dan lainnya . Free Pascal dirancang untuk dapat memahami dan menyusun sintaks Delphi, yang merupakan OOP. Lazarus adalah bagian dari puzzle yang hilang yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan program seperti Delphi di semua platform di atas. Tidak seperti Java yang berusaha menjadi menulis sekali dijalankan di mana saja, Lazarus dan Free Pascal berusaha untuk menulis sekali kompilasi di mana saja. Karena kompiler yang sama persis tersedia pada semua platform di atas, itu berarti Anda tidak perlu melakukan pengodean ulang untuk menghasilkan produk yang identik untuk platform yang berbeda.

Bagaimana dengan GUI?

Kumpulan widget apa yang Anda gunakan?Itu bagian yang rapi. Kamu putuskan. Lazarus sedang dikembangkan untuk sepenuhnya dan sepenuhnya independen dari API. Setelah Anda menulis kode, Anda hanya menautkannya dengan set widget API pilihan Anda. Jika Anda ingin menggunakan GTK +, bagus! Jika Anda menginginkannya sesuai dengan Gnome, bagus! Selama kode antarmuka untuk widget yang ingin Anda gunakan tersedia, Anda dapat menautkannya. Jika tidak tersedia, Anda bisa menulisnya.

Sebagai contoh. Katakanlah Anda membuat produk di Windows menggunakan widget Windows standar. Sekarang Anda ingin membuat versi Linux. Pertama Anda memutuskan widget apa yang ingin Anda gunakan. Mari kita asumsikan Anda ingin menggunakan gtk +. Jadi, Anda menyalin kode ke mesin pengembangan Linux Anda, kompilasi, dan tautan dengan unit antarmuka gtk +. Itu dia. Anda sekarang baru saja membuat versi Linux dari produk Windows tanpa pengkodean tambahan.
Pada titik ini dalam pengembangan kami menggunakan Win32, gtk2 +, Carbon, Cocoa dan QT sebagai widget API kami. Ikatan untuk komponen yang ditarik sendiri sedang dalam pengerjaan dan set widget lainnya juga direncanakan.

Jadi, apakah ini benar-benar RAD seperti Delphi?

Pastilah itu. Apakah sudah selesai? Belum. IDE keseluruhan lengkap dan dapat digunakan untuk sebagian besar kebutuhan pemrograman. Beberapa aspek proyek masih membutuhkan bantuan. Petunjuk. Petunjuk.

Bisakah saya menggunakan kode Delphi saya yang ada?

Sebagian ya. Jika kode pascal Delphi standar dan menggunakan komponen standar yang ditemukan dalam Delphi maka jawabannya adalah ya. Jika menggunakan beberapa basis data tertentu, OCX, atau DCU maka jawabannya adalah tidak. Item ini khusus untuk Windows dan hanya akan berfungsi pada dan di dalam Windows. Namun, jika Anda hanya ingin membuat produk Windows menggunakan Free Pascal dan Lazarus maka jawabannya adalah ya. Ini belum ditambahkan ke LCL tetapi harus mungkin di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *