Add-In Excel Untuk Perhitungan Kimia

Perhitungan kimia dasar di Excel

Silahlan baca sampai akhir, ada banyak link file excel yang sangat berguna untuk dibaca dan dikembangkan. Contoh link file berikut dapat didownload dan dijalankan di Excel secara offline https://1drv.ms/u/s!AmH4fuhaoyxs5EO8udq-UYsaGh6w?e=8VCiWM

Microsoft Excel adalah alat yang hebat untuk perhitungan, simulasi, dan grafik ilmiah. Sebagai seorang guru kimia, sebaiknya mengembangkan fungsionalitas kimia dasar dalam spreadsheet ini.

Hal ini menjadikan fungsi Excel yang diperlukan untuk melakukan perhitungan kimia dasar untuk tujuan pendidikan, pekerjaan laboratorium, dan studi. Siswa dapat menggunakannya untuk memeriksa latihan atau menghitung solusi untuk masalah kimia.

Add-In ini memungkinkan Anda menggunakan rumus kimia dalam lembar kerja Excel dan menghitung properti seperti berat molekul, koefisien reaksi, komposisi persen, … Reaksi dan singkatan kimia dapat disimpan untuk digunakan nanti dan molekul organik dapat digambarkan menggunakan notasi SMILES mereka.

Ini juga menyediakan menu untuk perhitungan cepat dalam formulir pengguna yang telah ditentukan. Ini termasuk berat atom rata-rata dan daftar berat isotop untuk perhitungan. Karena itu memungkinkan untuk menghitung komposisi dan reaksi dengan isotop spesifik daripada berat atom rata-rata. Beberapa fungsi spesifik untuk spektroskopi massa juga disertakan.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang fungsi add-in. Add-in ini dapat digunakan pada sebagian besar sistem dengan Windows Vista / Windows 7 / Windows 8 / Windows 10 dan Excel 2007/2010/2013/2016 diinstal. Itu datang sebagai file yang dapat dieksekusi yang tidak perlu instalasi, jadi Anda juga dapat menggunakannya ketika Anda tidak memiliki hak administrator di komputer Anda.

Di sini Anda dapat mengunduh manualnya

(atau letakkan tautan ini di browser Anda: https: //drive.google.com/file/d/0BwpwS9WXIaDMRDdMcExaeUJLNkU/view? usp = berbagi)

Di sini Anda dapat mengunduh Add-In sebagai file zip

(atau letakkan tautan ini di browser Anda: https://1drv.ms/u/s!AjVUSe5Oqe7pgSoKjEx4_aUeQR7p?e=XVAwRU)

Unduh file ini ke folder pilihan Anda dan buka kemasannya. Jika perangkat lunak Antivirus Anda mendeteksi file “Stoichiometry.exe” sebagai berbahaya, harap baca ini . Setelah membongkar, klik dua kali file “Stoichiometry” – ini adalah file exe dan tidak perlu instalasi. Lihat manual untuk info lebih lanjut.

Untuk menempatkan gambar-gambar molekul pada lembar kerja Excel, OpenBabel juga perlu diinstal pada PC Anda. Lihat manual untuk info lebih lanjut; Anda dapat mengunduh OpenBabel di halaman Tautan .

Kegunaan

Add-in memungkinkan Anda untuk menggunakan formula kimia di Microsoft Excel. Setelah dimasukkan dalam sel lembar kerja, rumus kimia dapat diformat dan digunakan dalam perhitungan. Add-in ini memberikan perhitungan kimia dasar seperti berat formula, komposisi persentase, koefisien reaksi, pengenceran dan stoikiometri reaksi. Ini juga memungkinkan Anda untuk menentukan dan menggunakan singkatan yang kadang-kadang menggantikan nama rumus panjang atau bagian rumus; singkatan kemudian diakui dalam perhitungan. Setelah reaksi yang ditentukan juga dapat disimpan.

Add-in ini juga menyediakan menu untuk mengakses fungsionalitas, untuk mengubah berat atom yang telah ditentukan dan untuk menentukan singkatan kimia Anda sendiri. Ini juga menyediakan fungsi yang dapat digunakan dalam sel spreadsheet seperti fungsi Excel lainnya.

Menu Stoikiometri dibagi dalam beberapa kelompok:

  1. memasuki molekul dan memformat sel yang mengandung formula kimia. Grup ini juga berisi Tabel Periodik untuk referensi (termasuk semua isotop untuk setiap elemen);
  2. sekelompok perhitungan yang telah ditentukan (berat molekul, pengenceran larutan yang diberikan, persentase komposisi bahan kimia yang diberikan). Perhitungan ini dibuat dalam kotak pop-up di mana data diketikkan dan hasil perhitungan muncul di kotak;
  3. kelompok yang berkaitan dengan reaksi kimia: perhitungan koefisien reaksi kimia tertentu dan membuat / menggunakan daftar reaksi tersimpan Anda; 
  4. sebuah utilitas untuk mengekstraksi semua atom penyusun bahan kimia dan menyalin simbol dalam rentang dalam spreadsheet; sebuah utilitas untuk menggambar molekul (organik) dari notasi SMILES mereka (perangkat lunak OpenBabel gratis harus diinstal pada komputer Anda – lihat manual); 
  5. sekelompok fungsi yang memungkinkan Anda untuk bekerja dengan singkatan kimia Anda sendiri;
  6. pengaturan untuk add-in ini, dan beberapa layar informatif (fungsi bantuan singkat).

Untuk perhitungan berat molekul, add-in mengenali 118 atom (berat atom rata-rata) dan 3178 isotop. Bobot ini juga digunakan dalam perhitungan komposisi dan reaksi dan memungkinkan perhitungan seperti itu berdasarkan isotop, bukan berat atom rata-rata.

Basis data dengan lebih dari 60000 molekul dilampirkan untuk membantu Anda menemukan rumus kimia dari bahan kimia bernama.

Fungsi stoikiometri dapat digunakan dalam sel spreadsheet seperti fungsi Excel lainnya. Fungsi menghitung:

  1. berat molekul suatu molekul;
  2. fraksi berat struktur tertentu dalam molekul;
  3. koefisien reaksi suatu reagen atau produk dalam suatu reaksi kimia yang ditentukan oleh serangkaian reaktan dan sejumlah produk;
  4. jumlah atom yang diberikan dalam molekul tertentu;
  5. nomor atom dari atom yang diberikan;
  6. berat suatu reagen atau produk dalam suatu reaksi kimia yang ditentukan oleh serangkaian reaktan dan sejumlah produk, ketika sejumlah salah satu produk atau reaktan diberikan.
  7. massa monoisotop dan berat nominal molekul (khusus digunakan dalam spektroskopi massa).

Beberapa fungsi dapat mengembalikan data umum pada setiap elemen, seperti grup atau periodenya, energi ionisasi, atau konfigurasi elektron.

Juga, fungsi disediakan untuk mengekstraksi atom dari satu atau lebih molekul.

Untuk eksplorasi lebih lanjut, silahkan baca buku tentang excel dalam kimia melalui link berikut: http://webdelprofesor.ula.ve/ciencias/isolda/libros/excel.pdf

Contoh file excel yang siap digunakan dapat didownload melalui link berikut:
1) https://1drv.ms/u/s!AmH4fuhaoyxs5EO3MswmPi5jjSOX?e=3Kba2P
2) https://1drv.ms/u/s!AjVUSe5Oqe7pgSoKjEx4_aUeQR7p?e=XVAwRU

Referensi:
https://chemistry-in-excel.jimdofree.com/
http://www.franklychemistry.co.uk/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *