Cara Membuat Add-in PowerPoint 2010 menggunakan VBA dengan Tombol Kustom di Pita

Tutorial ini akan memberi Anda ide yang lebih baik cara membuat Add-in PowerPoint 2010 kustom Anda menggunakan kode VBA dan membuat toolbar kustom di pita sehingga Anda bisa memanggil makro. Jenis tambahan ini memungkinkan Anda melakukan beberapa tindakan bermanfaat, misalnya kita dapat membuat alat untuk mengekspor presentasi ke PDF, mengekspor semua slide dalam presentasi Anda ke gambar (JPG, PNG) atau mengekspor konten slide dan komentar sebagai teks biasa .

1. Buat presentasi PowerPoint yang Diaktifkan Makro

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa untuk membuat add-in untuk PowerPoint menggunakan VBA pertama Anda mulai membuat presentasi dengan makro diaktifkan. Kemudian, setelah Anda memiliki kode, Anda dapat menyimpan file sebagai .pptm. Mengapa? Karena jika Anda tidak menyimpan presentasi PowerPoint yang diaktifkan makro maka Anda tidak akan dapat mengedit kode nanti jika Anda perlu menerapkan modifikasi pada add-in. Jadi, ide yang baik untuk mulai membuat file pptm.

Anda dapat membuatnya menggunakan Office Ribbon Editor atau hanya Microsoft PowerPoint. Dalam hal ini kami telah membuat presentasi baru langsung dari Office Ribbon Editor.

Kemudian Anda akan menambahkan Bagian UI Kustom baru ke dokumen Anda. Lihat gambar di atas untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara melakukannya. Anda dapat menggunakan menu konteks kanan di panel Document Explorer.

Sekarang, Anda dapat membuat dokumen XML UI khusus. Anda dapat memasukkan bagian-bagian dari dokumen ini dengan menggunakan Toolbox di sebelah kiri jika Anda dapat menulisnya secara manual (atau jika Anda mendapatkannya dari halaman web mana pun maka Anda dapat menggunakan salin dan tempel).

Perhatikan kami telah menetapkan untuk menambahkan tab khusus baru bernama Tab Kustom dengan sekelompok tombol bernama Ekspor. Kemudian kami telah membuat tombol dengan label Ekspor HTML yang akan memanggil ExportHTML makro di VBA.

2. Simpan, Tutup Dokumen dan Buka di PowerPoint 2010

Sekarang, Anda dapat menutup dokumen dan membukanya di Microsoft PowerPoint. Tekan Alt + F11 untuk membuka jendela editor VBA dan menambahkan Modul baru ke dokumen.

Kami akan menambahkan makro yang sangat mendasar yang akan menampilkan Kotak Pesan, dan kemudian kami akan mengganti konten.

Sekarang, jika kita membuka kembali dokumen presentasi maka tab baru di Ribbon harus ditampilkan. Dalam hal ini kita dapat melihat Tab Kustom ditambahkan ke Ribbon dan tombol baru Ekspor HTML hadir.

Setelah tombol ditekan, makro akan dieksekusi. Dalam hal ini kita menjalankan perintah MsgBox sederhana seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

3. Simpan add-in sebagai file Add-In PowerPoint (.ppam)

Setelah Anda mendebug kode Anda dan berfungsi dengan baik, Anda dapat menyimpan file sebagai tambahan PowerPoint agar Anda dapat menginstalnya atau membagikannya sebagai tambahan dengan kolega lain dalam organisasi Anda.

Bagaimana kami berencana untuk menggunakan pendekatan ini? Pada dasarnya untuk membangun fungsionalitas baru dan menjalankan makro di PowerPoint. Layanan berbagi PowerPoint dapat menggunakan pendekatan ini untuk dengan mudah membangun add-in untuk PowerPoint untuk memungkinkan pengguna mengunggah presentasi PowerPoint ke situs web mereka, misalnya menggunakan API. Seorang blogger yang perlu menyematkan gambar presentasi dapat menggunakan pendekatan ini untuk mengekspor semua slide PowerPoint ke gambar atau HTML sehingga hasilnya mudah disematkan di blog atau halaman web (atau Anda dapat mempertimbangkan untuk mengunggah presentasi Anda ke SlideOnline ).

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat UI khusus menggunakan XML di Microsoft Office atau PowerPoint 2007/2010 maka jawaban di Stackoverflow ini bisa sangat deskriptif. Ini menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan semua tugas ini dan menjalankan perintah Anda sendiri menggunakan tombol kustom. Jika Anda menginginkan solusi untuk PowerPoint 2007 maka artikel lain ini mungkin bermanfaat.

Berikut ini adalah sumber lain yang berguna jika Anda ingin membaca tutorial tentang cara menyesuaikan Fluent Ribbon di PowerPoint dan MS Office 2007 menggunakan XML dan Custom UI. Ini adalah sumber yang bagus untuk pengembang dan Anda dapat belajar cara menggunakan panggilan balik, mengkonfigurasi XML, menggunakan Add-in COM untuk memodifikasi Ribbon, bekerja dengan bilah perintah yang ada dan banyak lagi.

Sumber: https://www.free-power-point-templates.com/articles/create-powerpoint-2010-add-in-with-vba-custom-buttons-ribbon/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *