Mendesain Bot Telegram Registrasi Terintegrasi Database Mysql

Sekarang ini satu hal yang wajib bisa dilakukan oleh seorang programmer web adalah mendesain bot telegram agar terhubung dengan database di website sendiri. Kemampuan biasa saja, tapi kalau tidak dipelajari dan dilatih maka akan menjadi hal yang memalukan.

Yuk, kita mulai latihan. Singkat saja, hanya menggunakan pemrograman sederhana, istilahnya “native PHP”. Simple, maka jangan musmet!

Langkahi nomor-nomor berikut:

  1. Buatlah suatu bot telegram. Kalau belum mudeng silahkan akses this link: https://blogchem.com/2019/01/13/tutorial-membuat-bot-telegram/ and this https://blogchem.com/2019/01/19/monitoring-akses-website-berbasis-telegram/.
    Gak usah nggaya mencoba langkah 2 kalau langkah 1 saja mandeg!
  2. Beberapa hal yang perlu diingat dari bot telegram di atas adalah nama bot dan token yang diberi oleh BotFather.
  3. Okay, Lanjut! Sekarang masuklah ke website sendiri, bisa menggunakan Cpanel untuk membuat tabel database menggunakan Mysql. Gambarnya berikut:
  4. Kalau gak mudheng juga, ya sudah tidur saja!
  5. Bagi yang mudheng, yuk lanjut! Untuk mempermudah belajar, sudah saya buatkan serangkaian file program sederhana, tinggal DOWNLOAD. Iyyaaaaa… tinggal DOWNLOAD.
  6. File hasil downloadan tinggal diupload ke folder tertentu di website Anda atau di localhost, bolah boleh saja. Pastikan ingat alamat foldernya ya, terutama file yang bernama bot.php, karena file ini akan dijalankan dulu melalui web browser. PASTIKAN website sudah terpasang SSL-nya, artinya bisa diakses menggunakan https://, bukan hanya http://. Ini diwajibkan oleh Telegram. Ada sih cara lain…., tapi respot!
  7. Jangan lupa atur koneksi database-nya dan sesuaikan nama bot, token dan hal-hal lain yang harus diatur. Bagi yang menggunakan PHP versi 7.0 ke atas supaya koneksi database-nya disesuaikan.
  8. Buka browser, sebagai contoh tempelkan link berikut:

    https://api.telegram.org/bot123456789:ABCfqmDyFB0F-Mx5jkfdd6oTqs6pRUO2FMw/setWebhook?url=https://blogchem.com/registrasi/bot.php

    Jangan lupa ganti  bot token berikut “bot123456789:ABCfqmDyFB0F-Mx5jkfdd6oTqs6pRUO2FMw” dengan bot token sendiri hasil langkah 1 dan 2. Juga ganti alamat berikut “https://blogchem.com/registrasi/bot.php” dengan alamat dimana file bot.php disimpan nggih! Jangan salah…

  9. Enter, jika bener maka akan muncul tulisan berikut:
    {"ok":true,"result":true,"description":"Webhook was set"}
  10. Nah, sekarang tinggal masuk telegram, tapi pastikan dulu username pada akun telegram kita sudah disetting, kalau belum cari menu di pojok kiri atas telegram, klik dan pilih Setting, isi username kalau masih kosong.
  11. Di nomor satu satu ini agar mudah saya berikan langsung contoh bot telegram hasil praktek di atas, sudah ada garansi bisa running, kalau nggak bisa ya karena panjenengan mawon yang salah. Silahkan akses @meranambot ini:https://t.me/meranambot
  12. Silahkan dicoba saja, kalau ada kurang-kurang dan salah-salah mohon dimaafkan.

20 thoughts to “Mendesain Bot Telegram Registrasi Terintegrasi Database Mysql”

  1. lihat error nya dimana ya mas,

    webhooknya sukses, file sudah upload ke web, database done create.
    cuman saat buka bot nya commandnya ga ke detect

  2. permisi mas mau tanya, kalo semisal kita mau broadcast pesan ditaruh dimana ya?
    mohon bantuannya 🙂
    terimakasih banyak 🙂

  3. gak niat bikin artikelnya…apa adanya dan seadanya….gada niat buat beramal sholeh…malah jadi bikin pusing orang…..

    1. ada bukti itu dibuat beneran, tetapi butuh modal kemampuan pemrograman yg cukup, bagi pemula memang tidak mudah, kurang jam terbang, belajar terus, semangat!

  4. mau nanyak gan. botnya jalan tapi registrasinya ga bisa masuk database, dan /myakunnya kosong.
    udah coba yg meranam bot buatan agan juga /myakun nya kosong.

    cara supaya databasenya terisi kayak gambar paling atas gimana ya gan. thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *