Keterbukaan source code Telegram sangat bermanfaat bagi para developer aplikasi maupun untuk sistem jaringan. Salah satunya adalah dengan menghubungkan Telegram (bot) dengan website sehingga bisa memonitor akses ke website langsung ke Telegram.

Langkah-langkah pengaturan di bawah ini dengan asumsi anda sudah bisa aktivasi metoda WebHook Telegram:

  1. Buatlah bot Telegram, paling mudah dengan memanggil @BotFather. Baca link INI dan INI JUGA.
  2. Lakukan pengaturan bot Telegram menggunakan metode WebHook. Cek website ini.
  3. Aktifkan WebHook di website
  4. Buat file di suatu folder/direktori di website anda untuk mengirim pesan dengan nama sendMessage.php. Untuk memudahkan silahkan download semua file yang diperlukan melalui LINK INI. Upload ke suatu folder di website anda dan ekstrak pada folder tertentu yang akan diakses
  5. Membuat file index.php untuk menjalankan file sendMessage.php dan memonitoring website. File index.php sudah ada di file downloadan di atas.
  6. Coba akses website anda, dan perhatikan telegram anda, apakah sudah ada monitoring? Jika pengaturan anda benar maka akan langsung muncul pesan terkirim.

CATATAN: Dalam file downloadan sudah disertakan setting waktu lokal Jakarta dan pembacaan IP dan konversi lokasi pengakses, sehingga kita bisa tahu secara realtime dan lokasi pengakses website kita. Contoh tampilan hasilnya seperti di bawah ini.

Selamat bereksplorasi!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Read previous post:
Tutorial Membuat Bot Telegram

Bagi pemula yang ingin membuat bot telegram sebaiknya menonton video tutorial ini sampai tuntas. 

Close