Beberapa Software Kimia

      No Comments on Beberapa Software Kimia

Berikut ini beberapa software kimia yang dapat dipakai untuk pembelajaran dan riset kimia.

1. JMol (Platform : Windows, Linux, Mac)
Jmol ini gartis, merupakan penampil strukutur molekul tiga dimensi (molecule viewer) yang dapat digukan secara bebas oleh siapapun yang menekuni bidang kimia dan biokimia. Aplikasi ini merupakan cross-platform, berjalan di sistem operasi Windows, Mac OS X, dan Linux / Unix.

Fitur yang dimilikinya di antaranya membaca berbagai jenis file dan output dari program kimia kuantum, dan animasi file multi-frame.

JmolApplet adalah applet web browser yang dapat diintegrasikan ke dalam halaman situs. Aplikasi Jmol adalah aplikasi Java standalone yang berjalan di desktop.

JmolViewer merupakan seperangkat alat yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi Java lainnya.

Untuk menggunakannya silahkan download dan ekstrak file downlad-annya. Klik file Jmol.jar (di PC mestinya tersedia Javaruntime terlebih dahulu). Buka file yang support untuk dibuka dengan Jmol.

2. ACD/ChemSketch Freeware (Platform : Windows, Linux)

Chemsketch adalah software grafis untuk menggambar hal yang ada hubungannya dengan kimia . Bisa menggambar secara manual atau menggunakan templet yang disediakan. Klik dan gambar molekul, ion, stereobonds, teks, poligon, panah, serta perlengkapan laboratorium, dll termasuk menentukan secara otomatis massa suatu atom atau molekul. Kita juga dapat memperkirakan densitas, indeks bias, volume molar, dll.  Selain itu dari ACDLabs juga menawarkan beberapa download gratis untuk utilitas yang dapat dipergunakan dalam ChemSketch sehingga lebih powerfull.Untuk dapat mendownload software ini diperlukan registrasi (sebentar hanya memasukan beberapa data alamat email dan lain-lain).

Setelelah download lakukan instalasi sebagaimana biasa dan siap untuk digunakan.

3. Molegro Molecular Viewer (Platform: Windows, Linux, dan Mac OS X)

Aplikasi gratis dengan multiplatform yang digunakan untuk visualisasi molekul dalam format PDB, SDF, Mol2, dan MVDML.

Fiturnya meliputi pembuatan molekul secara otomatis, visualisasi permukaan molekul dan backbone. Ukuran file untuk windows sebesar 5,52 MB. Ukuran file untuk windows sebesar 9,41 MB.

Untuk file-file dengan ekstensi pdb, bisa dibuat sendiri dengan aplikasi di atas atau men-download-nya dari elchem.kaist.ac.kr. Model molekul yang tersedia di situs ini adalah molekul-molekul organik dari yang paling sederhana hingga yang cukup kompleks.

4. Symyx Chime dan Symyx Draw (Platform: Windows dan MacOSX, Linux belum tersedia)

Kedua aplikasi ini gratis (no fee) siapapun boleh mengunduhnya dan memakainya secara cuma-cuma. Sebelum mengunduhnya diharuskan melakukan registrasi dengan mengisikan beberapa data yang empunya situs perlukan. Sayang untuk platform linux belum tersedia jadi mesti menggunakan Wine agar bisa menjalankannya di linux. Kedua software ini saling melengkapi sehingga kita bisa memanfaatkannya dalam program pengajaran di kelas untuk mata pelajaran kimia.

Symyx Chime versi 2.6 SP8 berformat zip berukuran 3,9 MB. Chime merupakan plug-in yang secara interaktif menampilkan molekul 2D (dua dimensi) dan 3D (tiga dimensi) langsung di halaman Web. Kita juga dapat memutar, memformat, dan menyimpan molekul untuk digunakan dalam program lain.

Symyx Draw versi 3.3 berukuran cukup besar dalam format zip (66 MB). Dengan aplikasi ini kita bisa menyisipkan model molekul yang kita buat ke dalam halaman situs, dokumen, spreadsheet maupun presentasi.

5. Kalzium(Platform: Linux)

Kalzium adalah nama sebuah software (open source software – OSS) yang memanfaatkan tabel periodik untuk mengeksplorasi setiap unsur. Tapi ternyata tidak sekedar tabel periodik biasa, lebih dari sekedar tabel periodik. Kalzium berasal dari bahasa Jerman dari kata kalsium. Saat ini Kalzium sampai di versi Hidrogen. Untuk diketahui semenjak Kalzium menjadi aplikasi standalone ia versinya akan dinamai dengan urutan nama unsur dalam tabel periodik.Materi-materi pelajaran kimia, baik di kelas 10, kelas 11 IPA, maupun kelas 12 IPA bab-bab tertentu sangatlah tepat memanfaatkan kehebatan Kalzium. Tentu ini hanya merupakan alternatif dalam penggunaan media pembelajaran. Sampai saat ini Kalzium belum mendukung untuk sitem operasi Windows. Hanya bisa berjalan untuk sistem operasi Linux. Oleh karena itu di sarankan pengguna yang ingin mencobanya sebaiknya meningstall sistem operasi Linux, gratis dan halal. Silahkan pilih distro yang disukai.

6. MarvinSketch (Platform: Windows, Linux, MacOS)

Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari MarvinSketch untuk pengajaran kimia. Gambar dan animasi molekul dapat dibuat dengan mudah. Selanjutnya dapat disisipkan dalam media pembelajaran kimia. Tutorial berupa video untuk mengefektifkan MarvinSkecth dapat dilihat atau diunduh dari sini. MarvinSketch adalah software kimia hanya untuk visualisasi rumus struktur kimia yang gratis, bisa dijalankan di sistem operasi Windows dan Linux juga MacOS. Mau mencicipinya silahkan unduh dari web ChemAxon ini.

7. MolView.Org is a web-based molecular viewing and modeling tool. Because it is built around Javascript, it will run in any modern browser. It runs beautifully on my students’ Chromebooks, which is why it has become my preferred tool for introducing students to molecular modeling. In addition, it has other linked information such as IR and Mass spectroscopy. The author of the site is constantly making improvements and adding features.

8. Discovery Studio Visualizer 4. For those of you who remember WebLab Viewer, this is the updated version of that software from Accelrys. It includes a powerful molecular graphics viewer with superb rendering. An additional benefit is that graphics can be embedded in presentations such as Powerpoint using Object Linking and Embedding (OLE). You must complete a survey prior to downloading the software from Accelrys.

9. Accelrys Menggambar adalah sebuah program yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan formula struktural untuk molekul kompleks dengan menggunakan antarmuka drag-and-drop yang sangat intuitif. Gambar yang dihasilkan kemudian dapat diekspor ke berbagai format grafis untuk digunakan dalam website atau kata-prosesor dokumen. Meskipun penggunaan terbatas bagi seorang siswa awal sekolah kimia tinggi, ini bisa menjadi aplikasi yang sangat berharga bagi mahasiswa AP atau perguruan tinggi. Ini adalah nilai khusus pada instruktur kimia, dan gratis untuk penggunaan akademis dan non-komersial. Tersedia untuk PC saja. PENDAFTARAN DIPERLUKAN.

Accelrys JDrawNo-Biaya Accelrys JDraw untuk penggunaan akademis dan non-komersial. JDraw memungkinkan Anda untuk menggambar struktur dan reaksi dan menyalinnya ke lain applicaton yang memahami entitas kimia, contoh termasuk Accelrys Draw, ISIS / Draw, dan ChemDraw. Anda juga dapat menyalin struktur dari aplikasi ini dan memodifikasi mereka di JDraw. Sebuah gambar grafis juga disalin ke clipboard dan yang memungkinkan gambar yang akan disisipkan ke dalam Microsoft Word atau Microsoft PowerPoint untuk tujuan pelaporan.

Penemuan Studio Visualizer 3.1 Bagi anda yang mengingat WebLab Viewer, ini adalah versi terbaru dari perangkat lunak itu dari Accelrys. Ini termasuk penampil molekul yang kuat grafis dengan rendering yang luar biasa. Manfaat tambahan adalah bahwa grafis dapat tertanam dalam presentasi seperti Powerpoint menggunakan Object Linking dan Embedding (OLE). Anda harus menyelesaikan survei sebelum men-download perangkat lunak dari Accelrys.

10. Unduh AvogadroAvogadro adalah editor molekul maju dan visualisator dirancang untuk cross-platform digunakan dalam kimia komputasi, pemodelan molekul, bioinformatika, ilmu material, dan bidang terkait. Menawarkan render berkualitas tinggi yang fleksibel dan arsitektur plugin yang kuat. Perangkat lunak ini bekerja di Windows, Linux, dan Mac OS X dan semua source code tersedia di bawah GNU GPL.

11. Kimia Problem 1,0 mengeksploitasi metode numerik canggih untuk menghasilkan seketika dan terus menerus situasi baru dan data yang akan dimasukkan ke dalam banyak masalah terkait dengan berbagai topik yang secara tradisional bagian dari kursus Kimia dasar. Dalam setiap kasus, perangkat lunak juga menghitung solusi yang sesuai dan menunjukkan mereka ketika diminta. Masalah dan solusi dapat dicetak untuk pra-diformat file teks, memungkinkan untuk mempersiapkan daftar masalah pribadi dari setiap panjang dan kompleksitas. Tingkat kesulitan Berbagai dapat dipilih, dari Tingkat Dasar (sesuai dengan persiapan dasar yang dibutuhkan untuk pemula) ke Tingkat baik (seorang mahasiswa mampu memecahkan semua masalah ini tingkat dalam berbagai versi ini tentu sangat terlatih). Ketika tingkat sudah dipilih, perangkat lunak hanya menunjukkan masalah kesulitan yang lebih rendah atau sama dengan yang ada pada tingkat yang dipilih. Tingkat dapat diubah setiap saat. Topik yang dibahas adalah: Dasar; Elemen dan Senyawa, Stoikiometri, Gas, Solids dan Cairan, Solusi, Termodinamika dan Kinetika, Equilibrium Kimia; Elektrokimia. Perangkat lunak ini memiliki sejumlah Alat yang berguna, seperti Kalkulator canggih, alat Plotting, sebuah Balancer reaksi kimia dan Visualizer struktur molekul sederhana. Hal ini juga mencakup beberapa Simulasi eksperimen laboratorium ideal dan Permainan beberapa, dirancang sedemikian rupa untuk membantu memperbaiki dalam pikiran konsep dasar Kimia sementara juga memverifikasi tingkat pembelajaran tercapai.

12. SimChemistry untuk Windows memungkinkan Anda untuk mengatur, menjalankan dan interaktif memodifikasi simulasi pada PC Anda mewakili sistem fisik mikroskopis. Anda dapat memainkan simulasi demo yang ada (termasuk yang disediakan) untuk belajar tentang perilaku molekul-tingkat di balik fenomena kimia makroskopik, atau merekam sendiri untuk menunjukkan kepada orang lain. Anda dapat memperkenalkan sejumlah jenis molekul, dengan massa mereka sendiri, jari-jari dan warna, dan menentukan bagaimana setiap pasangan jenis molekul harus berinteraksi – baik melalui keras biliar-bola tabrakan jenis atau melalui menarik Lennard-Jones interaksi dengan pengguna -settable parameter. Mengamati perilaku padatan, cairan, gas, dan campuran, dengan menerapkan tekanan piston bergerak dan jumlah mengukur dengan daerah monitor. Menambahkan penjelasan di mana saja untuk menjelaskan tindakan di layar. Plot grafik XY parameter perubahan kuantitas, dan memodifikasi melalui kontrol pada layar.

13. The Virtual Laboratory from the ChemCollective is a personal favorite. They have an HTML5 version of the virtual lab, so it will now work on tablets and Chromebooks. If you poke around, you can still find the Java version available for download, but why? The online software allows a student or instructor to simulate many lab activities. Acid base titration, buffer chemistry, limiting reactant stoichiometry and solution equilibria are but a few of the simulations that are possible with this software.

14. KnowItAll Academic Edition – In a continued commitment to academia, Bio-Rad is offering this completely FREE and fully functional software package to promote learning and research in the academic community. With the Academic Edition of KnowItAll, you can have it all and know it all for free-draw structures, perform IR and Raman functional group analysis, and generate high-quality reports. And best of all, this set of tools resides in one common interface, so it’s easy to learn and easy to transfer data from application to application.

Orbital Viewer15. Orbital Viewer is a program for drawing orbitals. This has many features, and comes in both a Windows version and a command-line interface version. Draw any atom, any molecule, create animations, do cutaways, show the locations where the probability goes to zero. Light the orbital from any location, cast shadows, and save files in TIFF, PPM, BMP, AVI, and VRML formats.

16. The Chemical Thesaurus is a web-based relational database that stores information about many chemical processes: radiochemistry, phase change, resonance structure interconversion, interchanging conformation, single electron transfer, complexation, substitution-displacement-transfer (which are mechanistically equivalent), redox reactions, photochemistry, rearrangements, multi-step mechanisms, synthetic pathways, simple (non-feedback controlled) biosynthetic pathways, etc., etc., etc. The application software is extensively hyper-linked. Just click around, explore, discover.

17. Sicyon is a software tool for everybody using physical or chemical formulas and tables of constants – students or professors; physicists or chemists; scientists or engineers. It is easy-to-use and has everything you need when you calculate or analyze your formula. Sicyon is all-in-one type of software consisting of an expression calculator, constants database, units converter, and solver. A superb program that requires only 1.5 megs of your hard drive.

Sumber:
1) https://urip.wordpress.com/software-kimia-gratis/
2) http://www.sciencegeek.net/Chemistry/chemware/chemware.shtml

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *