Endless OS: Install Linux Serasa Windows

      No Comments on Endless OS: Install Linux Serasa Windows

Pada awalnya melalui Endless One dan Endless Mini, sebuah startup bernama Endless Computers ingin mewujudkan misi mulianya kepada dunia. Dua komputer mungil tersebut mereka ciptakan secara khusus untuk konsumen di negara-negara berkembang, lebih tepatnya kawasan dimana akses internet sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali.

Kini startup yang sama sekali lagi ingin membuktikan bahwa komitmen mereka tidak semata didasari oleh faktor mencari keuntungan saja. Mereka pun memutuskan untuk merilis sistem operasi berbasis Linux yang mereka kembangkan sendiri untuk kedua PC mungil buatannya. Namanya tak lain dari Endless OS, dan ia bisa didapatkan tanpa perlu membayar uang sepeser pun.

Endless OS datang membawa lebih dari 100 aplikasi yang dirancang untuk kebutuhan belajar, bekerja maupun bermain. Mulai dari Wikipedia, Khan Academy, LibreOffice sampai game balap mobil, semuanya telah ter-install dalam OS dan bisa diakses kapan saja tanpa perlu mengandalkan koneksi internet sama sekali.

Ada dua versi Endless OS yang ditawarkan, yaitu Light dan Full. Versi Light ukurannya cuma sekitar 2 GB, ditujukan untuk pengguna yang memiliki akses internet. Sedangkan versi Full ukurannya sekitar 16 GB, telah diisi oleh lebih dari 100 aplikasi dan konten seperti yang disinggung tadi sehingga pengguna bisa langsung memakainya sesaat setelah selesai di-install.

Lalu perangkat seperti apa yang bisa menjalankan Endless OS? Menurut Endless sendiri, mayoritas laptop atau komputer yang dibuat setelah tahun 2007 dapat menjalankannya, dengan dukungan RAM 2 GB dan kapasitas penyimpanan minimal 32 GB untuk versi Full-nya.

Anda punya laptop usang yang memenuhi spesifikasi minimum ini? Silakan unduh Endless OS dan ‘hidupkan’ kembali perangkat tersebut menjadi sarana belajar, bekerja sekaligus bermain yang efektif.

Untuk prosesor, Endless OS sudah kompatibel dengan platform 64-bit dari Intel. Sementara minimal RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi ini adalah 1GB.

Sistem operasi ini setidaknya menghabiskan memori 32GB untuk versi penuh, sedangkan versi dasarnya membutuhkan sekitar 16GB. Namun sebagai rekomendasi, tak ada salahnya memiliki memori yang lebih besar. 

Urusan kartu grafis, Endless OS sudah dapat berjalan dengan kartu terintegrasi dari Intel. Begitu juga dengan konektivitas nirkabel, sistem operasi ini dapat bekerja dengan baik untuk Atheros, Broadcom, dan Realtek.

Tak hanya itu, sistem operasi juga sudah mendukung dengan platform gim PC kenamaan Steam. Karenanya, pengguna dapat memainkan sejumlah gim populer dan dapat diunduh secara gratis dariplatform milik Valve tersebut.

“Secara teori, pengguna dapat memainkan seluruh gim di Steam yang kompatibel dengan Linux,” ujarnya menjelaskan. Meski sudah hadir dengan aplikasi bawaan, pengguna juga dapat masih dapat mengunduh aplikasi lain di App Center.

Dalam waktu dekat Endless berencana untuk terus menambah aplikasi yang tersedia di App Center. Ia mengatakan, setidaknya ada 56 aplikasi yang siap diunduh dalam kurun waktu 1 bulan ke depan, termasuk konten dalam bahasa Indonesia.

Endless OS juga menawarkan tampilan antarmuka yang intuitif serupa dengan smartphone. Hal lain yang juga penting adalah sistem operasi ini diklaim bebas dari ancaman keamanan yang menyerang kebanyakan sistem lain.

Mulai dari Endless OS versi 3.0, Endless Installer untuk Windows memperbolehkan Anda untuk menginstal Endless OS berdampingan dengan Windows. Ini berarti Anda tidak perlu menghapus sistem Windows yang sudah ada atau software apapun. Setelah Anda mendownload dan menginstal Endless OS, silahkan matikan dan nyalakan kembali komputer, lalu pilih Endless pada menu awal.

 

Cara Install Endless OS

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstal:

  1. Sebelum mulai instal, mohon cek apakah Endless OS dapat digunakan dengan komputer Anda. Klik disini untuk lebih detail.

  2. Unduh versi terbaru Installer di https://endlessos.com/id/unduh-gratis.

  3. Jalankan Installer dan pilih “Instal Endless”.

Start.png

Catatan: Saat menjalankan Installer, Anda mungkin akan melihat pesan seperti “Apakah Anda memperbolehkan aplikasi ini melakukan perubahan ke PC”. Mohon pilih “Ya”.

  1. Pilih versi yang Anda inginkan.

Version_Selection.png

Catatan: Baca di sini untuk info lebih lanjut mengenai perbedaan dari versi Dasar dan Lengkap.

  1. Pilih kapasitas ruang penyimpanan pada drive C:\ yang ingin Anda alokasikan untuk Endless OS. Bila Anda kurang yakin, kami sarankan untuk mengalokasikan 32GB.

preview-3.png

  1. Installer akan mulai mengunduh dan menginstal Endless pada komputer Anda.

Downloading.png

Catatan: Apabila Installer gagal mengunduh, atau Anda ingin mengunduh langsung file image atau iso, baca di sini untuk info lebih lanjut.

  1. Setelah proses instalasi selesai, tutup jendela Installer dan matikan lalu nyalakan komputer Anda.

  2. Setelah menyalakan komputer, Anda akan melihat menu pilihan untuk menjalankan Endless atau Microsoft Windows. Pilih “Endless” untuk memulai Endless OS.

 

Sumber:
1) https://endlessos.com/id/
2) https://www.youtube.com/watch?v=vgUzdb3S2uA&t=7s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *