>> Viewed 8 times

Menampilkan Dokumen Docs Di Blog

      No Comments on Menampilkan Dokumen Docs Di Blog

Seringkali kita tidak perlu menuliskan semua teks pada halaman web secara langsung, karena alasan kepraktisan, kemudahan dan penyimpanan file. Untuk itu kita perlu memanfaatkan fitur Google Docs. Cara ini sebenarnya dapat juga digunakan untuk menampilkan file selain documents, yaitu spreadsheets, presentations, PDFs, Images, Videos, baik yang sudah tersimpan di Google Drive maupun yang akan di-upload.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Akses ke https://docs.google.com
  2. Isilah akun Google dengan memasukkan alamat email dan passwordnya
  3. Jika akun Google yang dimasukkan benar maka akan masuk ke halaman Google Docs. Di situ terdapat semua dokumen yang sudah diupload
  4. Jika file yang akan ditampilkan sudah ada di halaman Google docs maka pilihlah dengan klik pada file itu, sehingga akan terbuka sebagai file yang dapat diedit.
  5. Jika file-nya belum ada, maka pilihlah menu "Open file picker" pada pojok kanan atas (amplop putih), sehingga muncul kotak dialog "Open a file". Di situ ada menu My Drive untuk memilih file yang sudah tersimpan di Google Drive, ada menu Upload untuk meng-upload file baru. Silahkan klik menu Upload, lalu ikuti prosedurnya untuk memilih file dan meng-upload-nya.
  6. Jika ingin mengedit silahkan diedit langsung di halaman itu, secara otomatis akan tersimpan secara periodik setiap ada perubahan atau editan, jika ingin langsung menampilkan ke website maka pilih menuFile > Publish to the web, sehingga muncul tampilan berikut: 

Secara lengkap silahkan akses ke https://blogchem.com/materi/google-docs1/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *