Install Linux Ke Flashdisk Di Windows

      No Comments on Install Linux Ke Flashdisk Di Windows

Memasang atau install Linux itu mudah, bisa dipasang di Harddisk, CD/DVD atau Flashdisk. Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk memasang linux ke flashdisk, untuk setiap distro linux biasanya sudah ada aplikasi bawaannya, sedangkan di Windows bisa menggunakan UnetbootinUniversal-USB-Installer atau Rufus (rufus biasanya dipakai untuk memasang Windows Installer di flashdik). Untuk Linux keluarga Debian, seperti Ubuntu, Mint, Kimux dan sejenisnya bisa menggunakan Unetbootin, seringnya kalau menggunakan Universal-USB-Installer atau Rufus akan bermasalah dengan driver VGA-nya. Untuk keluarga openSUSE biasanya lebih cocok pakai ImageUSB, kalau pakai Unetbootin akan bermasalah juga dengan driver VGA-nya.

Berikut langkah-langkah untuk memasang Linux ke flashdisk di Windows:

1. Pastikan sudah menyimpan file ISO di folder tertentu di hardisk

2. Colokkan flashdisk ke komputer

3. Jalankan Unetbootin, muncul tampilan berikut

Unetbootin

4. Pilih Diskimage, klik button  -lalu arahkan ke tempat penyimpanan file ISO yang akan dipasang, sehingga muncul tampilan seperti berikut

isounetbootin

5. Lihat pada Type supaya terpilih USB Drive, kemudian pada Drive mengarah ke lokasi flashdisk yang terpasang dengan benar.

6. Klik button 

7. Tunggu beberapa saat sampai penyimpanan ke flashdik selesai

8. Setelah selesai, reboot atau restart komputer,

9. Pada saat booting, JANGAN SAMPAI TERLAMBAT, supaya munculkan menu “booting setup” dengan menekan tombol tertentu sesuai merk laptopnya, sebagai contoh untuk laptop merk ASUS gunakan tombol ESC untuk memunculkan menu “booting setup”, sedangkan laptop Lenovo menggunakan tombol F12. Laptop lainnnya bisa dicoba dengan tombol lain, mungkin sama atau berbeda.

10. Jika sudah muncul menu “booting setup” pilihlah Flashdisk yang muncul, misal tertulis TOSHIBA …, KINGSTON … .

11. Ikuti langkah-langkahnya sampai muncul menu di Linux flashdisk.

12. Selamat bereksperimen, semoga berhasil 13. Untuk linux tidak ada kata susah, yang ada kata “coba lagi”.

Langkah di atas dapat juga dibaca melalui link: http://wp.me/p5rj8C-18d

Jika bermasalah dengan kompatibilatas VGA-nya, pilihlan distro Linux yang minimalis, misal ElementaryOS dan lain-lain. Sedangkan untuk menjalankan Kimux yang tidak bisa dijalankan di Flashdisk pada merk laptop tertentu, mungkin bisa mengggunakan cara di link ini http://kasmui.com/v1/?p=4988 dengan syarat sudah ada linux lain yang sudah terpasang di harddisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *